Polres Blora Kawal Dan Amankan Keberangkatan Calon Jemaaah Haji Kloter 38

0
22
pengamanan kegiatan keberangkatan Calon Jemaah Haji kloter 38 tahun 2017 di Pendopo alun-alun Kota Blora Kamis siang kemarin

BLORA –Zonadinamika.com.  Antisipasi adanya gangguan kamtibmas Polres Blora, menerjunkan 107 personelnya untuk melaksanakan pengamanan kegiatan keberangkatan Calon Jemaah Haji kloter 38 tahun 2017 di Pendopo alun-alun Kota Blora Kamis siang kemarin. Sebelum melaksanakan pengamanan anggota Polres Blora , bersama anggota Sat Pol PP dan Dishub yang terlibat dalam satuan pengamanan melaksanakan apel kesiapsiagaan pengamanan keberangkatan Calon Jemaah Haji.

Sedang personil yang terlibat yakni dari Sat Sabhara, Sat Lantas, Sat Intelkam, Sat Reskrim serta Polsek Blora kota yang dipimpin langsung oleh Kabagops Polres Blora Kompol I Gede Arde.

Pengamanan dimulai  pukul 12.00 WIB sampai pukul 16.30 WIB, personil Polres Blora setelah menerima APP dari Kabagops Polres Blora Kompol I Gede Arde langsung melaksanakan tugas fungsi dan tanggung jawabnya sesuai SOP yang berlaku. Selasa (08/08/17).

Kegiatan pengamanan dan pengawalan jamaah calon haji dilakukan oleh  personil Polres Blora dari pendopo rumah dinas Bupati sampai di Embarkasi Donohudan Surakarta. Tampak terlihat di panasnya terik matahari Personil Polres Blora berjaga di pintu masuk dan membantu calon jemaah haji yang berusia tua dengan membawakan koper dan barang-barang lain menuju Bus.

Hadir dalam acara pemberangkatan tersebut Wakil Bupati Blora H. Arif Rohman dan Ketua DPRD Bambang Susilo, Dandim 0721, Kajari Blora, Kepala Kemenag Kab. Blora, serta Kepala Dinas Instansi terkait lain. Dalam kesempatan tersebut, wakil bupati H. Arif Rohman sebelum keberangkatan, memberikan pembekalan dan nasihat para calon jamaah haji serta dilanjutkan secara simbolis melepas rombongan jamaah calon haji menuju embarkasi Donohudan Surakarta.

Bupati Blora yang diwakili wakil bupati Arif Rohman dalam sambutannya mengatakan berangkat menunaikan ibadah haji harus dilandasi dengan kesabaran yang tinggi, niat hati yang suci dan mengikuti segala aturan serta petunjuk tentang tata cara beribadah haji. Dengan demikian pada saat nanti, ibadah haji bisa dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga mendatangkan kepuasan beribadah dan berpredikat haji mabrur.

Menurut wakil Bupati Arif Rohman, dalam beribadah haji di tanah suci Mekkah banyak godaan, cobaan dan rintangan yang menuntut untuk bersikap sabar dan lapang dada. Dicontohkan, beberapa rangkaian ibadah haji acap kali dalam pelaksanaannya mengalami perubahan waktu berjam-jam dari waktu yang dijadwalkan. Hal itu harus diterima dengan hati ikhlas dan sabar.

Lebih lanjut wakil bupati Arif Rohman meminta kepada para calon haji agar melaksanakan ibadah haji dengan dilandasai niat hati yang suci semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT.

Dikatakan, dengan dilandasi niat hati yang suci niscaya segala rangkaian ibadah haji akan terasa ringan dan mudah serta akan mendatangkan rasa kebahagiaan yang luar biasa. Mengapa demikian karena berangkat haji dengan hati yang ikhlas ujarnya maka akan dapat berkomunikasi dengan Allah SWT lebih intens dan dekat.

“Oleh karena itu, mulai sekarang para calon jemaah haji mulai menata hati melatih kesabaran, sehingga segala godaan, cobaan dan rintangan yang ditemui di tanah suci kelak bisa dilalui dengan selamat,”pintanya.

Beliau juga menyampaikan ucapan selamat jalan semoga seluruh jamaah calon haji dapat melaksanakan seluruh tahapan ibadah haji dengan baik. Untuk diketahui bahwa, pemberangkatan jumlah calon Jamaah Haji Kabupaten Blora kloter 38 SOC sebanyak 352 orang jamaah yang terdiri dari jamaah laki – laki sebanyak 159 orang dan jamaah perempuan sebanyak 192 orang 1 orang TPHD (Team Pendamping Haji Daerah) dan 2 orang TKHD (Team Kesehatan Haji Daerah).

Dengan menggunakan 8 unit bus yang berasal dari P.O. SUKA DAMAI dari Grobogan, selanjutnya menuju Surakarta guna bergabung dengan Embarkasi Surakarta dan kemudian menuju ke Tanah Suci.

Pemberangkatan di lepas langsung oleh wakil bupati Arif Rohman dengan mendapatkan pengawalan dari Sat Lantas Polres Blora dan Dishub Kabupaten Blora. Hingga usai, kegiatan Pengawalan dan Pengamanan keberangkatan calon Jamaah Haji Kabupaten Blora berjalan dengan aman, tertib dan lancar.(agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here