Wacana Pemekaran Kabupaten Karawang Timur Terus Bergulir

KARAWANG – Zonadinamika.com – Pertumbuhan penduduk dan pekonomian masyarakat semakin diraskan oleh sebagaian besar penduduk daerah, karenanya ada beberapa wilayah telah mampu membentuk pemerintahan daerah sendiri dengan memisahkan diri dari yang sudah berjalan.

Demikian halnya sebagian besar warga masyarakat Karawang, yang perkembangan ekonominya cukup pesat, sehingga mampu menjadi kawasan industri terbesar di Asia Tenggara.

Berdasarkan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang dirasa sudah cukup memadai, maka sebagian masyarakat berkeinginan untuk membentuk pemerintahan sendiri dengan nama Kabupaten Karawang Timur.

Salah satu tokoh masyarakat Cikampek H. Hemantono menyatakan, bahwa maksud dan tujuan ingin memekarkan Karawang Timur menjadi Kabupaten itu tidak ada unsur lain dengan kinerja Pemerintahan Kabupaten yang sekarang berjalan dengan baik.

“Kami ingin melahirkan Kabupaten Karawang Timur, mengingat Karawang Timur sudah layak untuk dijadikan kabupaten, karena persyaratan yang menyangkut kepentingan masyarakat layaknya kabupaten di Karawang Timur sudah memadai,” ujarnya.

Selain itu, juga berdasarkan sejarah atau pernyataan para pendahulu, bahwa Karawang itu akan menjadi 2 kabupaten dan 1 kotamadya, yaitu Karawang Timur, Karawang Barat dan Kota Karawang.

Karenanya, mau tidak mau harus lahir Kabupaten Karawang Timur terlebih dahulu yang sudah menjadi ketentuan sejarah. Kalau kata bahasa sunda itu “Nyukctuk jalur nu kapungkur mapay tapak nu baheula sugan tos waktunya medal lahirna Karawang Timur cek sejarah, yen Karawang teh menurut sejarahna kudu terbagi 2 kabupaten dan 1 kotamadya”.

Atas keyakinan tersebut, sehingga kami sebagai generasi penerus Karawang yang ada di wilayah timur otomatis berusaha untuk melakukan upaya, sehingga Kabupaten Karawang Timur bisa terbentuk.

“Itu pun kalau adanya ridlo Allah SWT yang menentukan sesuai dengan pakem sejarah para orang tua dulu,” tutupnya. (nano)

 

 

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan