Bupati terpilih Dogiyai ajak semua komponen jangan sia-siakan hidup

0
89

DOGIYAI- zonadinamika.com – Bupati terpilih Kabupaten Dogiyai, periode 2017-2022, Yakobus Dumupa mengaja kepada semua komponen di daerah Kamuu dan Mapiha agar tak boleh lagi menyia-nyiakan hidup, karena kesuksesan dan kemenangan tak datang dengan sendirinya.

Hal itu dikatakan menyusul beberapa pasangan calon (Paslon) Pilkada Kabupaten Dogiyai yang sedang menempuh jalur hukum di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Dumupa, dalam hidup setiap orang pasti ingin sukses dan ingin menang. “Tetapi kesuksesan dan kemenangan tidak datang dengan sendirinya. Dan juga untuk meraihnya perlu aturan yang harus dipatuhi,” kata Yakobus Dumupa kepada Jubi per selular, Minggu, (5/3/2017).

Dikatakan Jack, sapaan akrab Yakobus Dumupa, bahwa aturan diperlukan agar kesuksesan dan kemenangan dapat diraih secara baik dan benar tanpa mengorbankan kepentingan dan hak terutama hak asasi manusia (HAM) orang lain.

Walaupun demikian, lanjut mantan Ketua Pokja MRP ini, banyak orang justru berusaha meraih kesuksesan dan kemenangan dengan mengabaikan aturan. Yang penting bagi mereka adalah sukses dan menang.

“Mereka tidak peduli aturannya. Dan merekapun tidak peduli dengan kepentingan dan hak (HAM) orang lain. Bagi mereka, keberhasilan dan kemenangan mereka jauh lebih penting daripada kepentingan dan hak (HAM) orang lain,” katanya.

Ia menjelaskan, orang yang hidup dan berperilaku demikian biasanya menghalalkan berbagai cara, termasuk cara yang buruk dan busuk untuk meraih kesuksesan dan kemenangan serta menyalahkan orang lain dan menciptakan alasan yang tidak masuk akal untuk menyalahkan orang lain apabila menghadapi masalah dan mengalami kegagalan.

“Merasa iri hati, benci, dendam dan bermusuhan dengan orang yang telah berhasil dan menang serta pihak lain yang dianggapnya tidak mendukung usahanya, dan  menjadi penghalang bagi orang lain yang telah sukses dan menang atau pihak lain yang hendak sukses dan menang,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ia menegaskan, orang yang memiliki cara demikian adalah gagal dalam suatu kemenangan. “Orang yang berperilaku demikian bukan saja telah gagal dalam meraih kesuksesan dan kemenangan, tetapi justru gagal hidup. Sia-sialah hidupnya,” pintanya. (AB)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY