Patrice Rio Capella Tersangka, Surya Paloh “Saya Bukan Makelar Kasus”

0
336

Jakarta,Zonadinamika.com. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella sebagai tersangka. Patrice ditetapkan sebagai tersangka dalam pengembangan kasus bansos, tunggakan dana bagi hasil dan penyertaan modal BUMD Provinsi Sumatera Utara.

“Dalam kasus yang sama penyidik juga telah menemukan dua bukti permulaan yang cukup menetapkan PRC (Patrice Rio Capella)sebagai tersangka selaku anggota DPR dugaan pasal yang diduga dilanggar adalah pasal 12 huruf a, huruf b atau pasal 11 uu no 31/1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi,” kata Wakil Ketua KPK Johan Budi di Gedung KPK, Kamis (15/10).

“Penyidik menyimpulkan dua bukti permulaan yang cukup disimpulkan terjadi dugaan tipikor yang diduga dilakukan GPN (Gatot Pujo Nugroho)selaku Gubernur sumut beserta ES (Evy Susanti) ini adalah pihak swasta. Sangkaan pasal baik kepada GPN dan ES diduga melanggar pasal 5 ayat 1 huruf a, huruf b atau pasal 13 uu 31/1999 sebagaimana diubah uu 20/2001 tentang tipikor,” tutur dia.

Sorotan akan dugaan keterlibatan Surya Paloh, Ketum NasDem ini mengaku, bukan makelar kasus dana bantuan sosial Pemprov Sumatera Utara, meski dirinya dinyatakan terlibat dalam pertemuan mantan Gubernur Sumut Gatot Pudjo Nugroho di Kantor DPP NasDem, Jakarta Pusat.

“Seakan juga ada pertemuan saya dengan pak Gatot jadi saya dianggap makelar kasus,” kata Surya Paloh di Kantor DPP NasDem, Jakarta, Kamis (15/10).

Dia juga membantah, bahwa kadernya telah menggunakan legalitasnya untuk mengatur kasus tersebut. Lanjut dia, Jaksa Agung HM Prasetyo juga tak terlibat dalam kewenangannya dalam kasus ini.

“Apalagi gunakan legalitas kasus dan Jaksa Agung sebagai kader NasDem, saya jawab tidak, saya bicara dengan akal sehat saya dan ini dari hati nurani,” kata dia.

Dia juga menghargai upaya hukum KPK yang menetapkan mantan Sekjen NasDem Patrice Rio Capella sebagai tersangka kasus Dana Bansos Pemprov Sumatera Utara.

Sebelumnya, Politisi Patrice Rio Capella menyatakan mundur dari keanggotaannya sebagai kader Partai Nasdem, dan mundur dari jabatannya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Hal itu dilakukan setelah ia ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Saya menyatakan mundur dari jabatan Sekjen, mundur dari anggota partai dan dari anggota DPR RI, karena saya menghadapi persoalan di KPK,” ujar Patrice dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Kamis (15/10).

Patrice menyatakan keputusannya tersebut telah dibicarakan dengan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh. Adapun, mengenai proses hukum selanjutnya, Patrice menyerahkan kepada kuasa hukum untuk menindaklanjutinya.

dari berbagai sumber

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY