Parlemen Dunia Kumpul di Yogya, Bahas Tentang Perang Terhadap Korupsi

0
265

Yogyakarta,Zonadinamika.com– Sedikitnya 500 orang anggota parlemen dari 47 negara, mulai hari ini, Selasa (6/10) hingga Kamis (8/10), berkumpul di Yogyakarta menggelar konferensi parlemen bertema ‘The Sixth Global Conference of Parliamentarians Against Corruption’ (Gopac) di Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Presiden RI Ir Joko Widodo, yang menurut jadwal akan membuka konferensi tersebut, batal hadir dan Ketua DPR RI Setya Novanto selain hadir sebagai peserta konferensi juga akan membuka Gopac 2015.

Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen, Nurhayati Ali Assegaf menyatakan, Yogyakarta dipilih sebagai tuan rumah karena berhasil menjadi contoh pemberantasan korupsi di Indonesia, yang didukung oleh fakta Indeks Persepsi Korupsi Yogyakarta dengan peringkat rendah dan Government Index peringkat tinggi.
Menurut Nurhayati, Yogyakarta layak diperkenalkan kepada negara-negara di dunia atas prestasi yang telah diraihnya.

Selain untuk memperkenalkan kepada dunia, Nurhayati juga mengatakan bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) harusnya bisa dijadikan pembanding bagi daerah lain dalam menjalankan sistem kepemerintahan.

Sementara itu Kepala Bagian Humas Biro UHP Setda DIY, Iswanto menjelaskan, meskipun konferensi tersebut melibatkan lembaga parlemen, namun memang tidak melibatkan DPRD DIY, karena konferensi parlemen se-dunia ini hanya diikuti oleh masing-masing parlemen yang mewakili negara.

“Konferensi ini dinilai telah menjadi sinergi seluruh parlemen di dunia untuk memerangi korupsi. Hal ini digaungkan Ketua DPR RI Setya Novanto yang saat ini juga sebagai Chairman of the South East Asia Parliamentarians Against Corruption,” katanya.

(indra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here