Wakil Ketua DPRD Sidoarjo Jadi Tersangka Ijasah Palsu

0
467

SIDOARJO,Zonadinamika.com. Pasca penetapan wakil ketua DPRD Sidoarjo, H. Moch Rifa’i, SH sebagai tersangka kasus penggunaan ijasah palsu oleh penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Sat Reskrim Polres Sidoarjo beberapa waktu kemarin, kini membuat beberapa element masyarakat turut angkat bicara.

Salah satunya adalah, ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pusat Informasi dan Jaring Aspirasi Rakyat (Pijar), Heru Sastrawan, mengatakan, bahwa terkait hal itu semestinya Badan Kehormatan (BK) DPRD Sidoarjo harusnya bisa mengambil tindakan tegas terhadap tersangka, yakni, H. Moch Rifa’i, pasalnya, dalam penetapan tersangka tersebut pastinya penyidik Polres Sidorjo sudah mempunyai alasan yang jelas dan cukup kuat.

“BK tidak bisa mendiamkan masalah itu, karena dalam penetapan tersangka tersebut pihak penegak hukum pasti mempunyai alasan yang cukup kuat ,” Ujar Heru Sastrawan, saat ditemui wartawan koran ini di kantor DPRD Sidoarjo, pada selasa (15/9) kemarin.

Menurut, Heru, sebagai alat kelengkapan DPRD Dewan Kehormatan (BK) memiliki kewenangan penuh untuk mengajukan pergantian antar-waktu (PAW) dan menonaktifkan H. Moch Rifa’i dari jabatanya sebagai wakil ketua DPRD Sidoarjo,

“Terkait kasus yang menimpa H. Moch. Rifa’i itu, BK mempunyai kewenang penuh, karena BK adalah alat kelengkapan DPRD yang powerfull,” imbuh Heru.

Hingga saat setelah ditetapkannya H. Moch Rifa’i sebagai tersangka, Badan Kehormatan (BK) DPRD Sidoarjo belum bisa mengambil tindakan apapun, pasalnya, menurut, ketua BK, yakni, H. Maksum Jubair, saat dikonfirmasi wartawan koran ini, ia mengatakan bahwa pihaknya kini belum bisa berbuat apa-apa, pasalnya, hingga sekarang pihaknya belum menerima surat tembusan penetapan tersangka H. Moch Rifa’i dari penyidik Polres Sidoarjo, menurutnya, pihaknya baru bisa bertindak setelah adanya tembusan surat penetapan tersangka dari penyidik Polres Sidoarjo.

“Kami belum menerima tembusan surat penetapan tersangka H. MochM Rifa’i dari Polres, untuk itu kami belum bisa bertindak,” Ucap Maksum Jubair, saat dikonfirmasi wartawan koran ini via HPnya.

Terkait hal itu, Wakil Ketua DPRD Sidoarjo, H. Moch Rifa’i, SH, saat dikonfirmasi wartawan koran ini ia mengatakan bahwa, segala urusan akan diserahkan pada kuasa hukumnya.

“Masalah ini saya serahkan pada kuasa hukum saya,” Ucap H. Moch Rifa’i, SH.
(dra)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY