Gas Metan Olahan Sampah Bisa Dongkrak Nilai Raih Adipura Tanjung,

0
419

gas metannnTANJUNG,Zonadinamika.com – Gas metan hasil dari pengolahan sampah yang terkumpul Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Maburai, akan dapat menunjang perolehan piala tropy Adipura untuk Kabupaten Tabalong. Ini juga sebagai upaya pemerintah menjadikan kabupaten yang mengemban motto Bersih, Indah, Nyaman, Aman dan Ramah (Bersinar) bisa terwujud.

Kata Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kabupaten Tabalong Ir H Johan Noor Effendi,kepada Borneonews mengatakan,bahwa gas metan yang ada di Tempat Pembuangan Akbir (TPA) merupakan hasil olahan dari sampah yang terkumpul, “Sudah sekitar satu bulanan kita melakukan pengolahannya dan sekarang sudah bisa dimanfaatkan,” terangnya.

“Adapun untuk sementara ini pemanfaatan digunakan dulu untuk keperluan petugas yang ada di TPA. Kedepannya memang direncanakan juga untuk bisa digunakan warga yang bermukim di sekitar TPA. Dimana dari pemanfaatan untuk masyarakat ini gas metan yang nantinya didisitribusikan akan bisa mencapai sekitar 50 buah rumah,” tutur Johan.

Dijelaskan Johan, bahwa upaya pemanfaatan sampah menjadi gas metan ini sendiri merupakan salah satu langkah untuk bisa mendukung Tabalong dalam menghadapi penilaian Adipura. “Nilai kita sekarang 74,44 dan pemanfaatan gas metan ini akan bisa mendongkrak nilai kita untuk mendapatkan trofi adipura,” sebut Johan.

Sebelumnya Bupati Tabalong, Drs H Anang Syakhfiani M.Si, menyatakan pemanfaatan gas metan ini sendiri sudah dilakukan dalam satu pekan terakhir ini. “Pemanfaatan gas metan kita yang ada lokasi TPA Maburai sudah dilakukan dalam satu pekan terakhir ini,” kata Anang.

“Dari hasil uji coba yang sudah dilakukan api hasil dari gas metan yang sudah didapatkan menunjukan api dengan nyala yang biru. Untuk menyalurkan gas metan tersebut ke beberapa rumah di TPA, sudah disiapkan  instalasi pipa distibusi mencapai 300 meter,” demikian Bupati Tabalong belum lama tadi di Tanjung. (A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here