HUT Karawang ke 384 Menurut Ketua LSM GSMB

0
6

KARAWANG-Zonadinamika.com. Di usia yang ke-384 tahun yang jatuh pada tanggal 14 September 2017, yang mengambil tema yakni “Karawang CAMPERNIK (Cageur, Aman, Merenah, Pinter, Endah, Rancage, Nyongcolang, Itikurih, Karaharjaan)”.

Ketua umum LSM Gerakan Solidaritas Masyarakat Bersatu (GSMB) Marjuni menilai, bahwa Kabupaten Karawang yang saat ini sudah banyak keberhasilan pembangunan yang selama ini telah dinikmati masyarakat, serta perkembangan pembangunan yang memacu semangat pemerintah daerah beserta seluruh elemen masyarakat  untuk terus mengerahkan  seluruh potensi yang dimiliki dengan  meningkatkan motivasi daerah untuk terus mengembangkan diri menuju pembangunan yang berkelanjutan, demi mencapai kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh.

Lebih jauh Arjun biasa disapa mengamati, bahwa Perkembangan Kabupaten Karawang di usianya yang ke-384 tahun salah satunya dapat terlihat dari laju pertumbuhan penduduk yaitu pada tahun 2016 sebesar 0,98 persen, dengan jumlah penduduk di Kabupaten Karawang sebanyak 2.295.778 jiwa.

Kondisi perekonomian rata-rata masyarakat Kabupaten Karawang dapat terlihat dari kondisi Peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga konstan sebesar Rp. 140.809.771,.

Di sisi lain, angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Karawang ternyata turut menunjukkan pertumbuhan positif.

Yaitu berada pada angka 68,33, dengan Rata-Rata Lama Sekolah (RLS) sebesar 7,11 ; Angka Harapan Hidup (AHH) sebesar 71,56; serta Indeks Daya Beli sebesar Rp. 10.199.880,- per tahun.

Kondisi tersebut menurutnya,  tentu cukup menggembirakan mengingat IPM merupakan salah satu indikator pemantau pencapaian pembangunan manusia di suatu wilayah, yang telah dipandang strategis oleh kaum akademisi sebagai indikator yang menunjukkan tingkat keberhasilan pembangunan yang bersifat non fisik.

Dalam konteks pembangunan daerah, Kabupaten Karawang pun menunjukkan adanya perkembangan yang cukup positif di berbagai bidang. Hal ini sejalan dengan penetapan visi Kabupaten Karawang, yang telah menjadi fondasi utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Melalui visi ”Karawang Yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur.

Ucapan jempol pada Bupati Karawang yang mendapat Penghargaan sebagai “Perempuan Tangguh” ; Penghargaan Manggala Karya Kencana untuk Bupati Karawang ; Kabupaten Karawang Kembali mendapatkan Penghargaan Menuju Kabupaten Layak Anak Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Barang tentu keberhasilan tersebut hanya dapat dicapai oleh adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Karawang.  walaupun keberhasilan tersebut masih perlu ditingkatkan kembali, dan sekaligus akan menjadi tantangan tersendiri bagi kita dalam menghadapi permasalahan yang lebih kompleks di masa yang akan datang.

Hal yang cukup menggembirakan adalah Kabupaten Karawang memperoleh dua kali berturut turut yakni pada tahun 2016 dan tahun 2017 mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK,paparnya.SELAMAT HUT KARAWANG 384 JAYALAH SELALU. (asep person)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY