Rayakan HUT ke-5, LSM Strategi Semakin Solid dan Berkembang

0
12

Medan,Zonadinamika.com: Di usianya yang Ke-5 tahun, LSM Strategi kini semakin solid dan berkembang. Tercatat sudah 20 Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota (DPK) se Sumatera Utara (Sumut), 16 di antaranya telah memperoleh surat keterangan terdaftar (SKT) dari Badan Kesbang Pol Pemerintahan setempat.

Hal tersebut ditegaskan Ketua DPP LSM Strategi Sumut M Yusuf Siregar di perayaan HUT ke-5 LSM Strategi yang dirangkai sekaligus pelantikan massal Komisariat Kecamatan (Komcat) Medan Perjuangan, Lembaga Bantuan Hukum (LBH), serta pengukuhan Tim Intelijen dan Investigasi yang menjadi satuan kerja khusus (satkersus) LSM Strategi, di sekretariatnya Jalan Kedondong Pasar VII Marindal, Sabtu (9/9). Lalu.

Dikatakan pria yang akrab disapa Boy ini, LSM Strategi masih tetap pada jalurnya sebagai fungsi sosial kontrol dalam mengawasi kebijakan pemerintah oleh penyelenggara negara, baik dari instansi pelayanan publik terutama menyangkut kepentingan umum ataupun masyarakat.

“Meskipun dihiasi beragam polemik, dilema, tantangan demi tantangan, bahkan konflik internal, namun LSM Strategi tetap solid dan kokoh. Itu semua berkat semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang tertanam dibarengi kerja keras seluruh kader hingga membuat LSM Strategi semakin terus berkembang,” kata Boy.

Seiring perjalanannya, LSM Strategi telah membentuk sejumlah badan-badan binaan di antaranya Satuan Tugas Komando Pertahanan Penertiban (Satgas Kotantib), Persatuan Becak Bermotor (Pabetor), Pemerhati Wanita dan Anak Tertindas (Perwati), Satuan Kerja Analisa Data dan Teknologi (Satker ADT), Pedagang Tradisional (Petra), Satuan Mahasiswa, Koperasi LSM Strategi beserta sejumlah badan binaan lainnya.

“Sebagai wadah sosial kontrol independen berbasis massa, tuntutan solidaritas dan militansi kader sangat diharapkan guna meminimalisir segala ancaman perpecahan baik yang datangnya dari dalam maupun eksternal organisasi. Maka semangat kebersamaan dan kekeluargaan jangan hanya dijadikan slogan semata tapi haruslah diimplementasikan dalam kehidupan berorganisasi sehari-hari,” harap Boy.

Ketua DPK LSM Strategi Kota Medan Haris Kelana Damanik ST juga berharap momentum HUT ke-5 ini membuat organisasi ini semakin solid dalam mengontrol langsung kebijakan pemerintah.

“Kita di sini tidak ada membangun kepentingan, LSM Strategi mutlak untuk masyarakat dan milik kita bersama dalam membangun bangsa Indonesia yang bermartabat,” kata Haris.

Dengan genapnya 5 Tahun usia lembaga kita, kami minta kepada seluruh kader untuk lebih meningkatkan etika dan disiplin dalam berorganisasi. Sebab hal ini menjadi tolak ukur berhasil tidaknya LSM Strategi kedepannya, seraya menjelaskan jika etika dan disiplin mempunyai peraran penting diperjalanan sebuah organisasi, apalagi LSM Startegi yang boleh dikatakan masih seumur jagung.

Lanjut Haris. Suatu etika dapat membentuk nilai, norma juga prilaku kader serta pimpinan, guna membangun hubungan organisasi dengan masyarakat dan mitra kerja. Etika berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan.

“Melihat ini, tentunya peran disiplin sangatlah dibutuhkan bagi kader dalam menjalankan tupoksinya, agar keberhasilan organisasi dapat diraih,” ucapnya lagi.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Suhartono yang juga Ketua Komcat LSM Strategi Medan Timur menyebutkan, pengurus yang dilantik di kepengurusan Komcat LSM Strategi Medan Perjuangan periode 2016-2019 yakni Ketua Dody Syaputra, Wakil Ketua Fany dan M. Iqbal, Sekretaris Mhd. Zeny beserta wakilnya Ade Atmaja Putra, Bendahara T. Dasner Tedja dan wakilnya Ade Liza, ditambah puluhan kader pengurus seperti Ketua Organisasi Kaderisasi Keanggotaan (OKK) Toni Sembiring serta Sekretaris Beby Apriani.

Sedangkan di LBH LSM Strategi masa bhakti 2017-2019, diisi Binsar Simbolon selaku Ketua, Sekretaris Erwin San Sinaga, Bendahara Novitasari Sihaloho dibantu Pengurus Bidang Citra Januardy Cibro dan Junus Hadibroto Tambunan.

Untuk di kepengurusan Tim Intelijen dan Investigasi LSM Strategi periode 2017-2019 yang dikukuhkan dijabat Farida Erma Yani Siregar sebagai Ketua Tim (Katim), beserta sejumlah Wakatim seperti Suhartono, Herianto Sidauruk, Nurhadi Sinaga, dan Abdul Mutolib Siregar. Sekretaris Tim (Sektim) Sujono dibantu Wasektim Asmita Siregar, Bendahara Tim Yahya Laroza dan wakilnya Aulia Masniari, Kordinator Tim (Kortim) Intelijen Gusti Harahap, Kortim Investigasi Armansyah beserta sejumlah kader Anggota Tim (Tatim) di masing-masing kordinator.

Perayaan HUT ke-5 LSM Strategi sebenarnya jatuh pada 10 Juni, karena organisasi ini berdiri pada 10 Juni 2012 lalu. Namun perayaan tahun ini berbeda dengan dihiasi pengembangan organisasi yakni dengan melantik sejumlah dewan pimpinan LSM Strategi.

Mengambil tema “Terus Berjuang Demi Tegaknya Kebenaran dan Keadilan”, HUT ke-5 LSM Strategi yang dirayakan secara sederhana itu turut dilakukan pemotongan nasi tumpeng oleh Boy beserta keluarga besar dan kader LSM Strategi. Selain itu juga ada pemberian piagam penghargaan dan cinderamata kepada kader yang telah berpulang ke akhirat. (Abah Rahman)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY