Terkait Penghinaan Pada Jurnalis, Sejumlah Organisasi Wartawan Lakukan Aksi Damai

0
22

LAMPUNG UTARA-Zonadinamika.com. Sebagai wujud solidaritas bentuk sakitnya seluruh jurnalis se-Indonesi, puluhan jurnalis yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten lampung utara,komite wartawan republik indonesi(KWRI) dan Persatuan wartawan republik indonesia(PWRI)menggelar aksi damai ditugu bundaran Payanmas, Senin (28/8/2017) menyuarakan pernyataan sikap kepedulian terhadap saudara yang sudah dilecehkan oleh oknum kapolres Waykanan.

Aksi solidaritas dipimpin langsung ketua PWI lampura Jimi Irawan,Herman Je,Ketua harian Pwri Doni abung, menuntut oknum Kapolres Waykanan AKBP. Budi Asrul Kurniawan mundur dari jabatan sebagai Kapolres itu yang diminta seluruh wartawan dilampura.

“Kami mendesak institusi Polri, khususnya Polda Lampung mencopot jabatan oknum polisi Kapolres Waykanan AKBP. Budi Asrul Kurniawan yang telah melecehkan profesi wartawan,” ujar Herman yang diwakili Edi Abijar dari Kwri lampura, Senin (28/8/2017).

Ia menyatakan perwira menengah itu telah menghina profesi wartawan dan mendiskreditkan media cetak di Lampung. Di hadapan dua wartawan Radar Tv,dan Media Onlaine Tabikpun.com, Budi menyamakan profesi jurnalis dengan kotoran binatang.

Bukan hal itu saja, dia juga menyatakan koran di Lampung tidak ada yang membaca. Penghinaan tersebut dia lontarkan saat penertiban massa pro dan kontra batu bara yang hampir terlibat chaos di Kampung Negeribaru, Blambangan Umpu, Waykanan, sekitar pukul 02.30 WIB kemarin (27/8).

Selain itu dalam rekaman AKBP Budi Asrul Kurniawan berkata saat ini orang lebih suka menonton televisi. “Sekarang orang nonton HBO, bokep. Ngapain nonton berita,” ujar Budi. Bahkan menantang wartawan lainnya. Dia siap diserang”ujar Budi saat ada direkaman awak media.

Edi abijar mengingatkan bahwa tahun 2012 lalu dilakukan penandatangan nota ke­sepahaman antara Dewan Pers dan Kepala Kepolisian RI tentang penanganan pers dalam proses hukum terkait tugas jurnalistik bisa segera diwujudkan itu yang seharusnya dipahami Oleh kapolres waykanan.

Momen itu juga kata ujar Edi, menegaskan petinggi Polri menghargai wartawan dalam menjalan­kan ­profesinya di­lindungi ­undang-undang pokok Pers th 1999,” sudah seharusnya seluruh anggota polisi di ­negeri ini melakukan hal yang sama,” tutup Edi Abijar.yang diamini ketiga ketua lembaga dilampura ini.(andri)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY