Muhammadiyah Organisasi Massa Islam Yang Tidak Berpolitik Praktis

0
30

LAMPUNG UTARA_Zonadinamika.com. Ketua Pimpinan Daerah (PDM) Muhammadiyah Lampung Utara (Lampura), Zainal Abidin menegaskan Muhammadiyah merupakan organisasi massa Islam yang tidak berpolitik praktis. Sejak berdirinya pada tahun 1912 yang lalu pada dasarnya Muhammadiyah bergerak kepada pemberdayaan dan kebangkitan ummat dengan fokus kepada dakwah amal ma’ruf nahi mungkar. Dan tak terbantahkan ada peran besar Muhammadiyah dalam perjuangan dan kemerdekaan bangsa. Demikian disampaikan Zainal dalam acara Silaturahmi keluarga besar Muhammadiyah Lampura di masjid Jami’ Kotabumi (21/7).

Menurut dia, sudah menjadi khittah perjuangan Muhammadiyah untuk menjaga jarak dari aktivitas politik praktis. Walaupun banyak kader-kader persyarikatan Muhammadiyah yang aktif di partai politik dan menduduki jabatan strategis baik di parlemen maupun di pemerintahan ini menunjukkan bahwa Muhammadiyah tidak buta politik. “Fokus juang Muhammadiyah adalah pemberdayaan untuk kebangkitan dan kemajuan pradaban ummat. Siapapun kader yang terjun ke ranah politik itu otomatis telah diwakafkan Muhammadiyah untuk bekerja dan berkontribusi pada ummat dan bangsa ini,” ujar Kepala SMKN I Kotabumi ini.

Sementara itu, Bupati Lampura, Agung Ilmu Mangkunegara yang hadir pada kesempatan itu mengapresiasi apa yang telah diperbuat Muhammadiyah kepada bangsa dan negara. Baginya Muhammadiyah telah banyak berkontribusi kepada bangsa terutama yang berada di daerah. ” Lahirnya bangsa Indonesia tak lepas dari peran besar Muhammadiyah. Muhammadiyah tidak pernah meminta tetapi selalu memberi untuk kemajuan bangsa,” kata Agung.

Muhammadiyah sebagai salah satu organisasi massa Islam moderat  terbesar telah mampu dalam menjaga iklim kondusifitas kebangsaan ditengah-tengah kegaduhan yang sering saat ini. ” Muhammadiyah memiliki ciri sedikit bicara banyak bekerja. Marilah senantiasa kita perkuat rasa persatuan dan kesatuan dengan tetap hidup rukun berdampingan menghormati satu sama lainnya” pungkasnya.

Pada kesempatan itu pula , Bupati memberi bantuan uang tunai sebesar Rp.15 juta rupiah kepada pengurus PDM Lampura. Tampak hadir pada kesempatan itu, jajaran pengurus Muhammadiyah Lampura, Kepala Kementerian Agama Kotabumi, Qomaru Zaman,  Sekdakab Lampura, Samsir dan jajaran pejabat di lingkup pemerintahan setempat. (tama andri)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY