Sindikat Wartawan Indonesia Siap Berkibar

0
40
ilustrasi

SURABAYA-Zonadinamika.com. Terbentuknya sebuah wadah komunitas Jurnalis berawal dari keresahan para wartawan baik dikota maupun di daerah mengenai uji kompetensi wartawan (UKW) yang dikeluarkan dewan pers , dan dari permasalahan yang sering dihadapi wartawan tentang UKW menjadi boomerang keresahan yang sering dituntut oleh para pihak pihak instansi dan institusi lainnya.

Sehingga hal tersebut berpengaruh dalam hal tugas wartawan, baik dilapangan sampai penulisan berita, sehingga hal UKW diduga sebagai jebakan oleh oknum oknum instansi dan institusi yang mengarah keberadaan wartawan yang rawan dikriminalisasi.

Banyak kabar wartawan disaat melakukan tugas profesinya sering ditolak oleh instansi dan institusi, karena tidak memiliki UKW, banyak wartawan di gelandang di kantor polisi dan dijebloskan jeruji besi karena di tuduh melakukan pemerasan, banyak wartawan di keluarkan dari perusahaannya secara semena mena, dan dari semua kejadian itu seolah profesi wartawan yang lemah karena tidak adanya bantuan dari pihak pihak yang mengatasnamakan lembaga pers.

Dari keluhan dan keresahan para wartawan itulah terbentuklah suatu wadah yang menaungi profesi wartawan, wadah tersebut bernama Sindikat Wartawan Indonesia yang di singkat SWI.
SWI ingin melindungi dan mengayomi serta mensejahterakan wartawan, dan memupuk rasa solidaritas dan berjiwa sosial antar wartawan. Hal itu tercermin dari visi dan misi serta motto SWI.

Adapun visi dan misi SWI sebagai berikut Visi SWI Menjadi wadah profesi secara profesional bagi seluruh wartawan di Indonesia MISI SWI Mewujudkan wartawan yang profesional, kredibel, mempunyai rasa solidaritas serta jiwa social yang besar antar sesama wartawan.

Memberikan bantuan hukum bagi wartawan yang terkena masalah didalam pelaksanaan tugas kewartawanan.

MOTTO Satu tersakiti semua merasa sakit. Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut SWI rencananya mempunyai tiga kekuatan yaitu pemberitaan, advokasi dan aksi massa. Dengan tiga kekuatan itulah diharapkan bisa membantu anggotanya untuk terlepas dari permasalahan yang dihadapi dalam hal tugas kewartawanan.

Rencana kedepannya SWI akan membentuk kepengurusan wilayah kota / kabupaten di seluruh Indonesia, sementara sudah terkoordinir 24 wilayah kota / kabupaten.
Besar harapan para wartawan semoga SWI menjadi benar benar wadah yang bisa menaungi profesi wartawan,dan SWI siap berkibar. @ ds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here