Pilgub DKI 1, Survei Sementara, Ahok Unggul 23,5 Persen Kalahkan Para Lawan

0
593

Jakarta,Zonadinamika.com. Politikus asal Belitung ini sendiri mengaku dirinya siap untuk maju lagi di Pilgub 2017 mendatang baik lewat jalur independen maupun jika ada partai yang bersedia meminangnya.

Untuk mengantisipasi majunya Ahok di Pilgub 2017 lewat jalur independen, kelompok relawan yang menamakan dirinya Teman Ahok, saat ini berupaya membuka 150 posko untuk mengumpulkan 1 juta KTP sebagai modal dukungan.

Ahok pun menyebutkan jika relawan yang mengusungnya kali ini merupakan tim yang sama, yang sebelumnya juga telah mengantarkan dirinya dan Jokowi ketika maju menjadi Gubernur dan Wagub DKI pada 2012 silam.

Dari nama yang sudah muncul, nampaknya calon petahana Basuki alias Ahok masih kuat dan tak mudah dikalahkan. Para calon harus lebih kerja keras untuk dapat mengalahkan mantan Bupati Belitung Timur itu, terutama dengan melihat elektabilitas Ahok yang jauh potensial untuk kembali menduduki kursi nomor satu di DKI ini.

Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan peluang Ahok untuk terpilih di 2017 lebih tinggi dibanding calon lawan-lawannya. Meski belum menentukan pilihan akhirnya, warga DKI rupanya masih menginginkan Ahok kembali memimpin. Terbukti, dengan jawaban spontan (top of mind), 23,5 persen mereka memilih Ahok.

“Mayoritas responden memang belum menentukan pilihan akhirnya. Namun dari jawaban spontan, dia mendapat dukungan sebanyak 23,5 persen, sedangkan saingan terdekatnya M Ridwan Kamil 3 persen, Fauzi Bowo 2,1 persen. Calon-calon lain termasuk Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno di bawah 2 persen,” ujar Direktur SMRC, Djayadi Hanan, di Hotel Sari San Pasific, Sarinah, Jakpus, Rabu (14/10).

Menurut dia, faktor yang mengunggulkan Ahok adalah evaluasi positif dari warga Jakarta terhadap kinerjanya. Mayoritas 64 persen menyatakan puas terhadap kinerja Ahok. Masyarakat yang menilai baik atau sangat baik pelaksanaan pemerintah di bawah Ahok sebesar 46 persen dan yang menilai buruk 16 persen dan sisanya tak berkomentar.

Selain itu 85 persen menyatakan selama dipimpin Ahok pelayanan di kelurahan dan kecamatan menjadi baik. Kemudian 72 persen juga mengaku kinerja Ahok soal keamanan baik dan sangat baik. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here