Sekolah Lapang Iklim Akan Membantu Petani Terjemahkan Informasi Cuaca

0
90
Seiring kemajuan teknologi, membaca iklim tidak hanya dapat menggunakan rasa dan duga, karena saat ini dengan ilmu yang dipelajari dari BMKG, diantaranya bagaimana 'membaca' cuaca, musim dan iklim. Dengan memanfaatkan ilmu tersebut nantinya petani ketika menanam padi atau holtikultura lainnya dapat meraih keuntungan yang maksimal
BLITAR-Zonadinamika.com.  Seiring kemajuan teknologi, membaca iklim tidak hanya dapat menggunakan rasa dan duga, karena saat ini dengan ilmu yang dipelajari dari BMKG, diantaranya bagaimana ‘membaca’ cuaca, musim dan iklim. Dengan memanfaatkan ilmu tersebut nantinya petani ketika menanam padi atau holtikultura lainnya dapat meraih keuntungan yang maksimal.
 
Berkaitan dengan tujuan tersebut, di sawah Ds. Sumbersari Kec. Udanawu Kab. Blitar telah dibuka “Sekolah Lapang Iklim” tahap III Propinsi Jatim yangg diikuti kurang lebih 150 orang peserta yang berasal dari petani di Blitar.
 
Pada kegiatan Pembukaan Sekolah Lapang Iklim tahap III yang di selenggarakan oleh BMKG ini, dihadiri oleh Anggota komisi V DPRRI sanda restuwati SP.MMA, Deputi bidang meteorologi BMKG  Drs. Yunus Subagio S.M.Si, Kepala Balai Besar MKG Wil III Denpasar Drs Moch Taufiq Gunawan, Bupati Blitar Drs H Rijanto MM, Dandim 0808/blitar letkol Arh Surya Dani SH, Kadispertanian dan pangan Eko Priyo Utomo, Muspika Kec. Udanawu, Kades se Kec. Udanawu, serta Ketua Gapoktan se Kec. Udanawu.
 
Dalam sambutannya Kepala BMKG Drs Yunus Subagyo S. Mengatakan “ Bahwa BMKG membuka sekolah lapang iklim tahap III yang berada di wilayah kabupaten blitar ini agar hasil tanaman padi dapat  maksimal dan target tujuan swadaya pangan dapat terpenuhi”, ungkap Yunus.
 
Selanjutnya dalam kesempatan tersebut anggota Komisi V DPR RI Sadaretuwati . Sp .MMA, memberikan arahan kepada para petani, diharapkan para petani mempunyai edukasi atau pola pikir untuk mensukseskan sekolah lapang iklim tahap III ini, guna meningkatkan hasil pertanian yang maksimal serta memanfaatkan anggaran yang diturunkan oleh pemerintah berupa alat alat pertanian, tuturnya.
Pada kesempatan yang sama, Bupati Blitar Drs H Rijanto .MM, juga “ mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dari sekolah lapang iklim tahap III, agar  wilayah  blitar  bisa lebih baik karena Blitar merupakan wilayah pertanian dan peternakan dengan hasil peternakan ayam sangat menonjol karena blitar bisa menyuplai telor 450 ton  perhari dan pada saat ini pakan ayam mahal jadi peternakan ayam mengalami penurunan hasil produksi telur dan blitar merupakan lumbung padi di  wilayah Jatim “, jelasnya.
 
Selanjutnya Bupati Blitar Drs H Rijanto .MM membuka acara sekolah lapang iklim tahap III ini, serta menyematkan pita secara simbolis pada peserta sekolah lapang iklim tahap III, sebagai tanda bahwa sekolah lapang iklim tahap III di Kab. Blitar telah resmi dibuka.
 
Dalam kesempatan ini Dandim 0808/Blitar Letkol Arh. Surya Dani, juga memberikan penekanan pada setiap Babinsa, agar selalu giat bekerja untuk melaksanakan pendampingan pada petani agar program yang dijalankan oleh pemerintah ini dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga swasembada pangan dapat tercapai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here