Pelindo III Kenalkan Dunia Maritim Pada Anak Usia Dini

0
307

Surabaya – Zonadinamika.com. Pelindo III sebagai BUMN Kepelabuhanan terpanggil untuk memberikan edukasi tidak hanya masyarakat luas namun juga pada anak-anak usia dini. Pada hari Sabtu (17/10) sebanyak 280 siswa/i kelas V Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya tahun ajaran 2015/2016 yang didampingi oleh 17 orang guru pendamping mendapatkan materi pengenalan tentang maritim dan Kepelabuhan.

“Indonesia merupakan negara maritim, wilayah Indonesia terdiri atas daratan dan lautan dengan perbandingan luas wilayah daratan dengan lautan adalah 3:1. Hampir 70% wilayah Indonesia terdiri atas lautan , tapi tak banyak yang memperkenalkan dunia kemaritiman kepada anak usia Sekolah Dasar”, kata Edi Priyanto Kepala Humas PT Pelindo III saat memberikan pengenalan di Auditorium Bromo Lantai V Kantor Pusat PT Pelindo III.

Setelah pengenalan dan diskusi serta tanya jawab, mereka diajak berkeliling melihat aktifitas di pelabuhan mulai dari proses embarkasi dan debarkasi penumpang kapal laut di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, juga melihat langsung melihat kegiatan penyandaran kapal penumpang Dobonsolo yang dibantu dengan dua unit kapal tunda. Selanjutnya rombongan diajak melihat aktifitas kegiatan bongkar muat petikemas di Terminal Petikemas Surabaya (TPS).

Awalnya para siswa diajak langsung untuk melihat suasana Pelabuhan Tanjung Perak, dimulai dari Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Para siswa bisa langsung membuktikan apa yang ada di lapangan dengan materi kepelabuhanan yang telah diterima sebelumnya, dan melihat kapal-kapal di perairan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Anak-anak pada usia Sekolah Dasar memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan nalar yang baik, sehingga dapat memberikan inspirasi dan pengetahuan lebih dalam bagi para siswa khususnya di bidang kemaritiman.

Pelindo III menganggap bahwa kegiatan seperti ini merupakan bentuk tanggung jawab Pelindo III sebagai salah satu BUMN dalam memberikan edukasi tentang kepelabuhanan kepada putra/i bangsa, turut serta mendukung program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara Indonesia.

Dengan kegiatan tersebut diharapkan tidak hanya memberikan inspirasi dan pengetahuan bagi para siswa, namun juga menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan mereka terhadap wawasan bahari dan kegiatan maritim di pelabuhan Indonesia.

Pelindo III akan selalu terbuka bagi para siswa/i atau mahasiswa dari mana saja yang ingin berkunjung ke pelabuhan Tanjung Perak untuk belajar dan melakukan studi lapangan, sehingga Pelindo III dapat berkontribusi pula dalam hal pendidikan.

(icsan)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY