Pegawai Dishub Palsukan Buku KIR

0
264

MEDAN –Zonadinamika.com. Lingkungan Dinas Perhubungan selama ini termasuk rawan pratek pungutan liar, berbagai aksi dilakukan sejumlah pihak melakukan tindakan demi meraup untung. Kini selain dugaan rawan pungli, terungkap pula praktek kotor oleh oknum petugas Dishub ini.

Aksi nekat inipun akhirnya tercium oleh aparat hukum, dalam kejelian petugas dari aparat kepolisian Sektor Medan Helvetia akhirnyya berhasil membongkar praktik pemalsuan buku kir atau buku pengujian kendaraan bermotor di Kota Medan. Sebanyak delapan orang tersangka berhasil diringkus.

Dalam hal ini, Polisi juga berhasil menyita sejumlah barang bukti alat-alat pembuatan buku kir. Pemalsuan kir ini diotaki oleh seorang pegawai hononer di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan.

Aksi pemalsuan dilakukan di komplek Perumahan Sunggal, Jalan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal. Dari rumah tersebut, polisi menyita sejumlah barang bukti dokumen pengujian kendaraan bermotor, lempengan aluminium palsu dan puluhan buku kartu uji berkala, serta dua unit komputer dan sejumlah stempel palsu.

Dikatakan,dari hasil penyidikan polisi, pemalsuan dokumen pengujian kendaraan bermotor ini diotaki oleh tersangka MAP yang merupakan pegawai honorer di Dishub Kota Medan.

Selain berperan sebagai pemalsu tanda tangan dan stempel pejabat dinas perhubungan, proses pengerjaan dokumen kir palsu juga dilakukan di rumah tersangka MAP dan meraup keuntungan sebesar Rp2 juta rupiah perdokumen.

Para tersangka akan dijerat dengan Pasal 263 junto 55 dan 56 KUHP dengan ancaman hukuman penjara enam tahun penjara. Kini, polisi masih melakukan penyelidikan kasus tersebut untuk mengetahui keterlibatan pihak lain. (abd)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY