Dalam Kasus Gatot, 70 Anggota DPRD Sumut Akan Diperiksa KPK

0
369

MEDAN-Zonadinamika.com. Ketua DPRD Sumatra Utara (Sumut), Ajib Shah, mengimbau, 70 mantan maupun anggota DPRD Sumut memenuhi panggilan KPK terkait gugurnya hak interpelasi atas klarifikasi dugaan tindak pidana korupsi maupun gratifikasi dari Gubernur Sumut, Gatot Pujo Nugroho, tahun anggaran 2013-2015.

“Seluruh anggota DPRD Sumut yang akan dipanggil untuk diperiksa dalam kapasitas sebagai saksi, sebaiknya datang untuk menghormati prosedur hukum yang sedang berjalan. Pemeriksaan ini untuk melengkapi berkas, dan supaya penanganan perkara cepat selesai,” ujar Ajib Shah di Medan, Jumat (11/9).

Ajib tidak menyangkal bahwa sebanyak 70 orang anggota maupun mantan anggota DPRD Sumut akan dipanggil untuk diperiksa terkait hak interpelasi. Bahkan, Ajib mengakui bahwa dirinya bersama sejumlah anggota dewan sudah dimintai keterangan oleh lembaga antikorupsi terkait kasus tersebut.

“Pemeriksaan ini harus disikapi dengan arif dan bijaksana. Jangan sampai pemanggilan itu dipertentangkan. Saya yakin, seluruh anggota dewan tersebut, akan datang untuk memenuhi panggilan. Pemanggilan itu untuk melengkapi berkas Gatot,” katanya.

Seperti yang diketahui, anggota DPRD Sumut mulai dipanggil lembaga antikorupsi pascapenyitaan dokumen hak interpelasi anggota DPRD Sumut. Hak interpelasi terkait penggunaan dana Bantuan Daerah Bawahan (BDB), bantuan sosial (bansos). Gugurnya hak interpelasi itu merupakan pintu masuk KPK untuk memeriksa para wakil rakyat tersebut.(zd/B1)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY