Disnaker Kota Batam Tangkap TKA Ilegal di PT.Cladtek, Managemen Berusaha Menyuap Petugas

0
4442

BATAM-Zonadinamika.com. Selasa 7/9/2015, Petugas Disnaker tangkap TKA illegal PT Cladtek, perusahaan terbesar nomor 2 di dunia ternyata masih mempekerjakan TKA secara illegal.

Aib itu terungkap di saat awak media ini bersama petugas Disnaker kota Batam Jal Friman berkunjung ke kantor PT Cladtek Batam.
Perusahaan yang mejadi sorotan para awak media serta beberapa informasi miring dari kalangan pekerja baik dari para masyarakat bahwa PT Cladtek mempekerjakan TKA secara illegal , terbukti setelah, saat sidak, salah satu pekerja TKA terlihat saat di ruang sedang asik mengoperasikan computernya di tangkap petugas disnaker.

Ditenggarai kuat, menurut sumber bukan hanya satu orang saja TKA illegal ,masih banyak lagi yang menggunakan paspor wisata. Lolosnya para pekerja asing(TKA) masuk ke PT Cladtek di duga adanya kerjasama dengan pihak keimigrasian dari pelabuhan masuk,dan juga tidak terlepas dari bidang kepengawasan dan penindakan imigrasi(Wasdakim ) Batam terkesan tutup mata.

Jal Friman Kabid kepengawasan tenaga kerja kota Batam mengatakan “Saya dapat informasi bahwa PT Cladtek telah mempekerjakan banyak TKA secara illegal,ternyata benar di saat berkunjung ke kantor PT Cladtek melihat satu orang TKA di ruangannya sedang mengoperasikan computernya.
Bahkan pura-pura mau keluar ,lalu memanggilnya dan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen paspornya ,yang di gunakan paspor wisata tanpa memliki izin permit kerja maupun wajib lapor ke kantor Disnaker kota Batam.

Jal Friman mengatakan paspor yang bersangkutan akan kami tahan dan harus dip roses lebih lanjut ,kalau begini terus kelakuan PT Cladtek mempekerjakan TKA secara illegal sudah berapa banyak Negara yang di rugikan selama ini.

Itu masih satu TKA Ilegal yang tertangkap ,bisa saja masih banyak lagi berkeliaran di PT Cladtek tidak memiliki izin resmi.Saya harap orangnya(TKA) Ilegal hari ini bersama HRD perusahaan datang ke kantor Disnaker kota Batam untuk menjalani proses lebih lanjut”jelasnya.

Salah seorang menejemen HRD PT Cladtek berisial NS yang menyebutkan dirinya khusus menangani pekerja TKA saat di kantornya memohon kepada Kabid kepengawasan Disnaker kota Batam memohon agar TKA tersebut di lepaskan karena hari ini dianya akan pulang ke Negara asalnya .

Tolonglah pak ya…jangan diproses ,tolong pak ya…di lepaskan kami juga mengerti sambil mengiming-iming akan memberikan imbalan.Kami juga selama ini tidak mengetahui prosedur semestinya ,apalagi setiap masuk ke Indonesia di tanyakan petugas keimigrasian Batam keperluan untukapa ,lalu TKA menjawab “ bekerja “kok selama ini tidak di persoalkan.Saya juga tidak ingin pak masalah ini nantinya di gembor-gemborkan ke media massa ,jelasnya.

PT Cladtek selain melakukan pelanggaran mempekerjakan TKA secara illegal,juga mempekerjakan TKA tanpa adanya kontrak kerja ,melakukan pemutusan hubungan sepihak (PHK) tanpa membayar sisa kontrak kerja serta tidak mengikut sertakan para karyawan ke dalam program jamsostek ,sehingga jika karyawan mengalami sakit/okname di rumah sakit harus membayar sendiri ,seperti yang di alami sdr.Thulukanam Natarajan.

Segala biaya perobatan selama ini akibat okname di rumah sakit Elisabeth di bebankan ke beliau ,hingga gara-gara dia menuntut haknya sesuai pemberlakuan undang-undang nomor 13 tahun 2003,dan keputusan menteri dan peraturan pemerintah dia berjuang menuntut haknya pembayaran klaim kwitansi mencapai puluhan juta rupiah di abaikan PT Cladtek serta pembayaran sisa kontrak kerja dan jaminan hari tua sampai saat ini masih terabaikan.

Benarkah perusahaan PT Cladtek di bekingi oleh oknum pejabat Negara sehingga segala peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Negara kesatuan RI ,di pandang sebelah mata.(TIM/Amjoi)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY