Tehnologi Alsintan Rice Transplanter, Penerapan Alat dan Mesin Tanam Padi.

0
107
persawahan Dusun Jambe Desa Gemarang Kecamatan Kedunggalar diikuti ratusan masyarakat menyaksikan uji coba mesin transplanter atau mesin tanam padi modern,

NGAWI-Zonadinamika.com. Bertempat di persawahan Dusun Jambe Desa Gemarang Kecamatan Kedunggalar diikuti ratusan masyarakat menyaksikan uji coba mesin transplanter atau mesin tanam padi modern, mesin ini merupakan bantuan dari Dinas Pertanian untuk meningkatkan cara tanam petani dari cara tanam tradisional ke cara tanam modern. Kamis, (09/03/17).

 

Kabid Saspras Distan Kabupaten Ngawi Eka Sri Rahayu menyampaikan bahwa di Desa Gemarah sudah bisa menggunakan transflanter 20 h, berharap untuk Desa-Desa lain bisa menggunakan alat tsb.

 

Camat Kedunggalar Maryono M.Si, menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan bertujuan untuk mentransformasi penggunaan mesin tanam modern karena selama ini petani masih mengunakan cara tradisional.

 

Kasdim 0805 Ngawi Mayor inf Eko Wardoyo menuturkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk perubahan tehnologi dari tradisional menjadi tehnologi modern, tehnologi ini waktu lebih cepat, tepat guna dan efesien, dengan harapan meningkatkan produktivitas petani karena bisa memangkas waktu menanam padi.

 

Kadis Pertanian Kab. Ngawi Ir. Marsudi SP menegaskan bahwa Ngawi merupakan ngawiwiti (pemula) dalam melaksanakan tehnologi modern, dengan harapan Desa-Desa sekitar akan mengikuti dengan penggunaan alat ini, terkait bantuan alat melalui birokrasi silahkan pergunakan alat yang penting sesuai posedur, semua bantuan dari dinas berbentuk alat maupun benih secara gratis, hati-hati dengan modus penipuan banyak telepon gelap yang mengatasnamakan Kepala Dinas untuk mengirim dana melalui rekening dengan dalih untuk menurunkan alsintan.

 

Dipenghujung giat tim pembenihan menyampaikan secara praktek bagamana cara mencampur dan memposisikan penaburan benih di dalam nampan serta melaksanakan penanaman padi dengan menggunakan transplanter.

 

Tampak hadir dalam kegiatan tsb Kasdim 0805 Ngawi Mayor Inf Eko Wardoyo, Kadistan Kab. Ngawi Ir. Marsudi S.P, Kabidsaspras Distan Kab. Ngawi Eka Sri rahayu, Camat Kedunggalar Maryono M.Si, Ka KAPOP Distan Kab. Ngawi Edi Suwarno S.P, Ka UPT Distan Kec. Kedunggalar, Perwakilan Babinsa, Kades Gemarang Hadi, PPL Kec Kedunggalar, Perwakilan Mahasiswa STPP (Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian) Malang.(dim05/pen81)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here