Padi Sawah Abadi Pemkot Jaktim Di Panen

0
278

JAKARTA , Zonadinamica.com- Padi di Sawah Abadi, yang dimiliki oleh Pemkot Jakarta dengan luas sekitar empat hektare,Hari ini siap di panen oleh jajaran Pemkot Jakarta Timur ,begitulah pantauan Zonadinamika.com 13 / 05 , Bambang Musyawardana Walikota Jakarta Timur serta Jajaran unit terkait langsung memanen Sawah Abadi yang dengan menggunakan arit.

“Seluruh padi yang dipanen ini langsung digiling untuk menjadi gabah,Kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di lahan tersebut.dan Sawah Abadi ini juga telah di sediakan mesin giling.

Wali kota Bambang mengatakan, “ini merupakan panen perdana untuk tanaman padi. hasil panen tersebut akan dijadikan gabah dan dijual pada petani di daerah sekitarnya.dan Uangnya langsung dimasukan ke kas daerah. “Lahan Luas 4 hektar cukup potensial dan menghasilkan cukup besar. Ini satu-satunya yang ada di Jakarta Timur.

Lanjut Bambang ” Karena itu kami minta agar persawahan ini tetap dijaga dan dirawat,” ucap Bambang usai memanen padi.
Sebagai Imformasi , di Jakarta Timur terdapat sekitar 75 hektare ladang persawahan yang ditanami padi. Lahan ini tersebar di sejumlah lokasi. Sebagian milik masyarakat, Koperasi TNI AU dan Pemkot Jakarta Timur.

Kasudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jakarta Timur, Bayu Sarihastuti menambahkan, lahan persawahan ini digarap pihak penggarap dari masyarakat. Karenanya hasil panen dibagi hasil dengan mereka. Perbandingannya adalah 1:5 atau satu kilogram gabah untuk Pemda dan lima kilogram untuk penggarap.

“Karena penggarap lahan persawahan ini mengolah sawah dari awal hingga panen, maka hasilnya lebih besar,” tandasnya.(*** An)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here