Sampah Di Sulap Jadi Gas Metan

0
996

gas metanTANJUNG,Zonadinamika.com. Keberadaan sampah yang selama ini di nilai masyarakat,sangat menjijikan dan menimbulkan aroma bau tidak sedap tersebut.pola pikir dan cara pandang seperti itu harus benar di rubah oleh masyarakat kabupaten Tabalong.jelas Bupati Pada borneonews (23/4 lalau.

Lanjut Anang,keberadaan sampah saat ini,memiliki potensi. Yang mampu bersaing di bursa pasar Gas Elpiji di Tabalong nantinya. karena saat ini pemerintah daerah kabupaten Tabalong,lagi melakukan berbagai macam penelitian untuk memanfaatkan tumpukan sampah yang ada di tempat pembuangan akhir (TPA) Maburai,agar bisa bermanfaat bagi masyarakat di sekitar TPA.

Berkat penelitian selama ini,alhasilnya sampah yang di TPA tersebut.berhasil kita olah menjadai Gas Metan,sebagai penganti Gas Elpiji yang peredarannya kian mahal di Tabalong.ucap Bupati.kemudian sambung orang nomor satu di bumi saraba kawa ini,dari hasil uji coba yang sudah di lakukan,Api yang di hasilkan dari Gas Metan tersebut.sungguh menakjubkan,karena gas metan olahan dari sampah tersebut mengeluarkan api berwarna biru,yang tidak kalah dengan apai yang timbulkan dari gas elpiji.

Anang memaparkan, untuk pemanfaatan gas metan,supaya bisa di nikmati oleh para masyarakat yang bermukim di kawasan TPA.pihaknya sudah menyiapkan instalasi pipa distribusi sepanjang 300 meter untuk menyalurkan gas metan ke beberapa rumah yang ada di lokasi
TPA.tukas Anang.

Di tempat terpisah kepala badan lingkungan hidup daerah (BLHD) kabupaten Tabalong,Johan Noor Effendi menuturkan,gas metan yang ada saat ini,adalah hasil pengolahan dari sampah yang terkumpuk di TPA,kurang lebih satu bulan pihaknya melakukan pengolahan gas metan dari sampah tersebut dan baru sekarang bisa di rasakan manfaatnya,”tutur Johan.

Hanya saja tambah Johan,untuk sementara pengunaan gas metan,hanya bisa di gunakan oleh petugas jaga yang ada di TPA.”Namun kedepannya nanti kita akan kembangkan lagi supaya pemanfaatan gas metan bisa di rasa oleh seluruh masyarakat yang ada di kawasan TPA,”untuk tahap awal kita hanya mendistribusikan ke petugas jaga yaang di TPA saja.kata johan.

Mungkin ke depannya nanti bila alatnya sudah mamadai kita akan coba mendestribusikan ke 50 buah rumah warga yang tinggal di daerah itu,pemanfaatan sampah yang di sulap menjadi gas metan tersebut,merupakan upaya pemerintah daerah kabupaten Tabalong.dalam rangka mendukung terhadap penilaian ADIPURA yang saat ini nilainya mengantongi 74.444.

Dengan adanya pemanfaatan gas metan tersebut bisa menambah penilaian adipura,dan yang terpenting atas pemanfaatan gas metan bisa mengangkat nilai kita untuk meraih piala adipura.pungkas johan (KS 17)

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY