Penyerapan Dana Desa di Karang Jaya Terserap Dengan Baik

0
92
kades karang jaya saat penerimaan add/dd secara simbolis

Karawang-Zonadinamika.com. Penyerapan Dana Desa dan Anggaran Dana Desa yang di ploting unutk Desa Karang Jaya Kecamatan Tirtamulya Kabupaten Karawang Jawa Barat tahun anggaran 2017, sudah terealisasi 100 %, baik untuk pisik maupun non pisik.

Kepala Desa karang Jaya Tirtamulya H.Ujang Sujana,kepada media ini memaparkan akan pengalokasian uang rakyat tersebut,bahwa selama penyerapan anggaran tersebut tidak mendapatkan kendala, semua berjalan lancer, karena sebelum dilakukan pelaksanaan dilapangan,pihak membulatkan program melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang).

Sebagaimana di atur bahwa Musrenbang sesuai dengan Undang-Undang no. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan diatur oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas untuk tingkat nasional dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

H,Ujang Sujana menambahkan, penentuan lokasi akan penyerapan ADD/DD dengan total Rp. 1.317.375.000 yang diprakarsai oleh semua pihak dalam musrenbang.

Disepakati, yang akan di kerjakan adalah pengejaan jalan setapak (JAPAK) mencapai 1000 meter yang tersebar di 3 RW.Untuk jalan lingkungan (Jaling) tersebar di 3 titik kurang lebih mencapai 220 meter.

H Ujang bersyukur atas peran serta masyarakatdari tiap RW/RT turut serta melibatkan diri dalam pengalokasian anggaran tersebut.

“Memang kita tetap bayar upah pada setiap warga yang terlibat, artinya, warga menyempatkan diri untuk membangun desa, dan relah meninggalkan pekerjaan rutinya, disini bisa kita liat atas peran masyarakat, selalu mengutamakan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi”

Selain membangun Japak dan Jaling, Kepala Desa H.Ujang Sujana bersama masyarakat membangun BUMDES juga honor aparat desa.

Lebih jauh H.Ujang memaparkan, keputusan musresbang.menitik beratkan program berlokasi di Siselang RW 04 (Japak) kini tingkat kerusakan jalan setapak mulai terkikis dan diperkirakan sisa kerusakan jalan 20 persen.

Tim monitoring dari pihak kepolisian proaktif melakukan pemantaun kelapangan setelah pelakanaan.

Namun kerusakan jalan polos hingga saat masih menyisahkan hampir 35 persen kerusakan. Yang terdapat di RT 02 Rw 02, RT.03/01. RT 03/04 perbatasan Nagrak Serang.

Disebabkan Kondisi jalan hoxmix sejak tahun 2004,oleh karena itu,pihaknya berharap pemerintah daerah peduli pada kondisi jalan tersebut.

Seraya mengakui,kondisi jalan rusak tersebut (Jalan Poros) sudah di ajukan untuk tahun anggaran 2018 baik itu melalui aspirasi dewan dari PDIP ibu Olivia.(B)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here