Bupati Kapuas Canangkan Kampung KB

0
58
Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat membuka selubung pencanangan dan penetapan kampung KB Tingkat Kecamatan se Kabupaten Kapuas di Desa Tarung Manuah Kecamatan Basarang, Kami (14/9) pagi.

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat secara resmi mencanangkan dan penetapkan Kampung KB Tingkat Kecamatan se Kabupaten Kapuas yang dipusatkan di Desa Tarung Manuah Kecamatan Basarang, Kamis (14/9) pagi. Kegiatan ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni Ben Bahat, sejumlah Kepala SOPD dan para camat se Kabupaten Kapuas.

Acara tersebut ditandai dengan pembukaan selubung kampung KB, lalu ikrar bersama tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta tandatangan komitmen dan dukungan atas Kampung KB. Selanjutnya diserahkan pula papan nama pencanangan kampung KB kepada para camat serta peninjauan pelayanan KB.

Ketua Panitia Kegiatan yang juga Camat Basarang Aswan dalam laporannya menjelaskan secara umum tujuan pencanangan kampung KB untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Terima kasih kepada semua yang hadir disini dan kami bertekad akan mengoperasionalkan kampung KB ini untuk mengimplementasikan kegiatan yang didahului dengan rapat persiapan penyusunan rencana program dan anggaran biaya kampung KB melalui alokasi jadwal kegiatan serta pelatihan kader desa yang telah ditetapkan dalam struktur organisasi kampung KB,” terang Aswan.

Sementara itu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalteng Kusnadi mengatakan pada tahun ini pihaknya menargetkan setiap kecamatan terbentuk 1 kampung KB dan pada hari ini di Kabupaten Kapuas akan dilaksanakan pencanangan kampung KB secara serentak dan terpusat di Desa Tarung Manuah meliputi 17 desa di 17 kecamatan.

Pembentukan kampung KB ini merupakan tindaklanjut arahan Presiden RI agar manfaat program KB dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama masyarakat yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil atau pedalaman dan wilayah nelayan seluruh tanah air.

“Pencanangan kampung KB tingkat nasional oleh Presiden Jokowi di Cirebon tanggal 14 Januari 2016 dan tingkat provinsi oleh Gubernur Kalteng tanggal 24 Februari lalu, dengan terbentuknya kampung KB semua program dapat besinergi, berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lainnya dengan sektor pembangunan terkait dalam mengisi berbagai kegiatan di kampung KB,” ucap Kusnadi.

Ditempat yang sama Bupati Kapuas menilai adanya kampung KB diyakini mampu menekan laju pertumbuhan penduduk. Kampung KB adalah salah satu upaya penguatan program kependudukan dan keluarga berencana nasional oleh pemerintah dan masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.

“Pencanangan kampung KB tingkat kecamatan ini adalah titik awal dimulainya upaya kita bersama membangun desa, ini sebagai contoh pembangunan desa secara menyeluruh untuk mensejajarkan desa agar dapat bersaing dengan desa sekitar,” kata Ben.

Disela kegiatan juga diserahkan piagam penghargaan kepada kader posyandu yang mengabdi lebih 10 tahun serta pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil. Kemudian dilanjutkan dengan peninjauan pelayanan kesehatan gratis dan gelar dagang berbagai produk desa. (Angga)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here