Bidang Tanaman Pangan Distan Karawang,Serap Program Benih Bersubsidi

0
74
Wawan

Karawang,Zonadinamika.com:  Pertanian Kabupaten Karawang melalui Bidang Tanaman Pangan. Awal musim tanam kali ini,mendapat serapan Program Benih Bersubsidi.Hasil laporan dari dua perusahaan penyuplay benih,Lebih kurang sekitar 85% Program penjualan benih bersubsidi telah terrealisasi langsung ketiap kelompok tani.

Petani  yang telah mengajukan Program benih bersubsidi  Tahun Anggaran 2017 tersebut, akan di suplay oleh perusahaan berdasarkan PSO dan CPCL.Dengan Program ini,diharapkan sedikit meringankan beban biaya tanam kelompok tani.

Target yang akan dicapai dalam penjualan Benih bersubsidi tersebut yaitu sekitar 35 .000 Ha, yang tersebar pada 30 kecamatan di kabupaten karawang.Dua perusahaan yang akan mensuplay barang tersebut, 1. PT.Pertani dengan target 25.000 Ha, 2.PT.Sang Hyang Seri Target 10.000 Ha.Rencananya ada tiga varietas yang disuplay sesuai rencana kebutuhan kelompok yaitu Varietas Ciherang,Invari dan Mekongga.

Seperti yang di ungkapkan Kepala Bidang Tanaman Pangan Kabupaten Karawang,  Ir.Wawan Kuswandi  kepada Wartawan di ruang kerjanya,Rabu (2/8). Petani akan mendapatkan 25 Kg/Hektar dengan Harga Rp.2.500/Kg.Dalam satu kemasannya, berat isi mencapai 5 Kg/Kampil. “ Sistem pembayarannya,petani bisa bayar tunai dan bisa juga transfer melalui  Rekening Kelompok, ke perusahaan yang ngirim” Ujarnya kepada zonadinamika.com di ruangan kerjanya,Rabu (2/7/20170.

Dikatakan Wawan realisasinya saat ini baru 697 Ton dari 875 Ton, dimana PT.Pertani baru menyuplay 547 Ton dan PT.Sang Hyang Seri baru 150 Ton.Benih dikirim langsung ke lokasi sesuai alamat kelompok.Dimana kelompok tidak di bebankan untuk biaya angkut,karena biaya sudah menjadi tanggung jawab pengirim.” Hanya saja kebiasaan orang kita,tukang bongkarnya suka minta ongkos.Tapi kalau masih dalam batas kewajaran,ya gak apa-apa sih,” Paparnya.

Jika ada kelompok yang menjual benih,pada anggotanya diatas harga yang telah ditentukan.Maka itu menjadi tanggung jawabnya sendiri.Untuk itu sebelumnya harus dimusyawarahkan terlabih dahulu,berapa harga jual yang sesuai pada tiap anggota setelah ada biaya tambahan dari harga benih subsidi tersebut.”Ketika sudah sepakat dengan harga yang telah dimusyawarahkan,lalu buatkan Berita Acaranya.” Ucapnya. (Haris/Wasim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here