Kecelakaan Kerja Akibat Tanpa Penerapan K3

0
610

SURABAYA, Zonadinamika.com. Pekerja kontraktor CV. DAMAR WULAN mengalami kecelakaan kerja saat mengerjakan atap masjid muhajirin sekitar pukul 15.45 WIB, (24/05). Bangunan masjid berlantai dua ini sedang ada pembangunan gedung type B (MASJID MUHAJIRIN) yang bersumber dari APBD Pemkot Surabaya dengan nilai Rp. 1.871.210.000,00. Diduga akibat balok kayu yang rapuh.

Dari pengamatan wartawan ZD, para pekerja baik tukang maupun kuli bangunan tanpa menggunakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Salah seorang rekan kerja saat ditanyai wartawan ZD, apakah ada K3nya? Lantas dia menjawab K3 gak ada. “lah, kita disini kerjanya hanya borongan”, jawabnya yang enggan menyebutkan nama sambil kebingungan melihat temannya yang terjatuh dari atap lantai 2 Masjid Muhajirin.

Untung, saat kejadian tidak menimpa orang yang berada dibawah TKP. Didekat TKP ada wanita yang berprofesi sebagai SATPOL PP, wanita tersebut berlari ketika mendengar suara keras dari atas. Korban mengalami luka dikepala hingga mengeluarkan darah, korban langsung dibawa ke Puskesmas Ketabangkali oleh pegawai Pemkot Surabaya.

Di Puskesmas Ketabangkali hanya dilakukan pembersihan agar steril pada luka kepala kemudian korban dijemput Pelaksana CV. DAMAR WULAN untuk perawatan di RS. DR. SOETOMO hingga saat ini belum diketahui keadaan korban. Sesuai Keputusan Bersama Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pekerjaan Umum No. KEP. 174/MEN/086-No. 1041/KPTS/1986, yang ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum Nomor 03/SE/M/2005 pada setiap Provinsi wajib membentuk Tim Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Padahal Walikota Surabaya baru menerima penghargaan atas membina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di perusahaan yang ada, tepatnya bulan Maret 2016 di Grahadi yang diberikan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo. Ketika wartawan ZD konfirmasi kepada PPK Dinas Cipta Karya, Lilik Arijanto melalui Short Message Service (SMS) dinomor telp. 0812301XXXX hingga berita ini ditampilkan, belum ada tanggapan. (dms)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY