Kapuas Education EXPO 2016 oleh Wadah Bina Paramuda Sayap Kecil

0
409

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com. Pameran Pendidikan “Kapuas Education Expo 2016” yang diselengarakan oleh Wadah Bina Paramuda Sayap Kecil, Pusat Studi Kemajuan Pendidikan dan Hot Spot Entertainment Kabupaten Kapuas, resmi dimulai Rabu (18/5) sore bertempat di Citimall Kuala Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kabag Humas dan Protokol Setda Kapuas Dr Suwarno Muriyat saat membuka pameran menyatakan bahwa pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang paling natural dalam perkembangan selalu seiring atau sejalan dengan berkembangnya peradaban kita dalam berbagai aspek kehidupan.

“Kenyataannya kualitas pendidikan kita masih tertinggal dari berbagai perkembangan dan kebutuhan manusia yang semakin komprehensif. Setidaknya ada empat isu komperhensif yang sedang kita hadapi dan harus dicari solusinya, yaitu kekerasan dan kemiskinan, keberagaman dan potensi perpecahan, kegagalan pendidikan dalam menciptakan moralitas anak bangsa serta kuantitas versus kualitas” ucap Suwarno.

Ia mengharapkan melalui pameran pendidikan, pelatihan penelitian tindakan kelas serta berbagai lomba yang diikuti oleh pendidik dan peserta didik dan segenap komponen yang ada di Kabupaten Kapuas memiliki referensi solusi atas empat isu tadi.

“Kapuas Education Expo 2016 yang diadakan lima hari ke depan merupakan salah satu bentuk kepedulian masyarakat untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana disebutkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 dan lebih khusus lagi pencapaian visi dan misi Pemerintahan Kabupaten Kapuas 2013 – 2018 terwujudnya Kabupaten Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri melalui pembangunan yang adil dan merata serta berkelanjutan” ucap Suwarno.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Teguh PM dalam laporannya bahwa sebanyak 15 Stand Pameran berasal dari SMK Al-Amin, SMK 1 Kapuas, SMK 2 Kapuas, SMK 3 Kapuas, SMK 1 Kapuas Kuala, SMA 1 Kapuas, SMPN 2 Kapuas, SMPN 3 Kapuas, Perguruan Tinggi ASMI dari Banjarmasin, UPTD Kapuas Hilir.

Selain itu, terdapat pula Stand BNK Kabupaten Kapuas dan Perusahaan Farkons dari Banjarmasin yang akan menawarkan sistem absensi siswa secara digital dimana para orang tua bisa memonitor keberadaan anaknya apakah masuk sekolah atau tidak.

Sementara itu Sekretaris Disdik Ilham Anwar menyatakan dukungannya terhadap pameran pendidikan “Semakin banyak yang memikirkan pendidikan, semakin ringan beban yang kami pikul. Hal ini karena pendidikan merupakan tanggungjawab pemerintah, masyarakat dan keluarga” ucap Ilham.

Permbukaan pameran yang dimeriahkan dengan tarian daerah Sanggar Tari SMPN 2 Selat binaan Kadeni, taruna/taruni SMK Maritim Kapuas Kuala menampilkan keterampilan baris berbaris serta para Duta Narkoba binaan BNK Kapuas bawakan sosiodrama dampak penyalahgunaan narkoba serta peninjauan stand pameran.

Saat peninjauan pameran, Kabag Humaspro Setda Kapuas yang didampingi Sekretaris Disdik Ilham Anwar, Kepala UPTD Kapuas Hilir, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kapuas, Ketua Dewan Pendidikan Indan Thomas serta sejumlah pejabat dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, yang disambut masing-masing Kepala Sekolah/Madrasah yang mengikuti kegiatan itu. (angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here