Ben Brahim Jabat Ketua BKSAD APKASI

0
520

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com.Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT mendapat dua kepercayaan dalam kepengurusan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) periode 2015-2020, pertama sebagai Ketua Bidang Kerjasama Antar Daerah (BKSAD) kedua sebagai Koordinator Apkasi Wilayah Kalimantan Tengah.

“Ini merupakan kepercayaan dan amanah yang harus saya laksanakan demi kemajuan dan kesejahteraan kita semua” ucap Ben singkat usai pengukuhan. Dalam melaksanakan tugasnya Ben Brahim dibantu para Wakil Ketua Bidang yakni Bupati Sukoharjo, Bupati Ngawi dan Bupati Gianyar sebagai Sekretaris serta Anggota terdiri dari Bupati Sigi dan Bupati Magetan.

Prosesi pengukuhan pengurus APKASI yang dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo dan disaksikan Wapres Jusuf Kalla Kamis (5/5) siang di arena PRJ Kemayoran Jakarta, ditandai dengan penyematan pin secara simbolis kepada Ketua Umum Apkasi H Mardani H Maming yang juga Bupati Tanah Bumbu Kalsel, sedangkan Sekjen APKASI dijabat Prof. DR. Ir. HM. Nurdin Abdullah, M.Agr Bupati Bantaeng Sulsel.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya pada pengukuhan Dewan Pengurus APKASI, Kabupaten sebagai daerah otonomi adalah wakil pemerintah pusat dan pelaksana kebijakan pusat di daerah, diharapkan mampu mengelola dan mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan inovasi dan kreativitas.

“Dalam berinovasi memajukan daerah, para bupati tidak cukup hanya mengandalkan kucuran dana APBN dari pemerintah pusat, berupa dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK) yang diberikan rutin setiap tahun. Pemerintah daerah dituntut untuk berkreasi mendorong investasi masuk ke daerahnya untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat,” ujar Jusuf Kalla.

Dia juga menekankan bahwa kemajuan daerah tidak ditandai dengan megahnya kantor kepala daerah atau rumah dinas maupun kualitas mobil yang dipakai. “Tetapi ditandai dengan berkurangnya kemiskinan, berkurangnya pengangguran, dan naiknya penghasilan masyarakat,” jelas Wapres Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Pembina Otonomi Daerah.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum APKASI Mardani H. Maming mengatakan, pengukuhan pengurus dirangkai pula dengan pembukaan APKASI International Trade and Investment Summit (AITIS) ke-12, di arena PRJ Kemayoran Jakarta berlangsung selama tiga hari berakhir Sabtu (7/5) dimaksudkan untuk mempromosikan seluruh potensi yang dimiliki daerah. “Penyelenggaraan expo ini dapat mendorong investasi mengalir masuk dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah,” ungkap Bupati Tanbu Kalsel.

Terpisah Kabag Humaspro Setda Kapuas dalam rilisnya, karena banyaknya agenda kerja yang akan dilaksanakan, usai dikukuhkan dan menyaksikan pembukaan AITIS, seluruh pengurus pada hari yang sama hingga jelang malam hari melakukan Rapat Koordinasi pertama di sekretariat Apkasi guna membahas sejumlah program prioritas.

“Bapak Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat selaku Ketua BKSAD dalam rakor pertama telah menyampaikan sejumlah program prioritas, diantaranya menyusun, melaksanakan, mengendalikan dan mengevaluasi pelaksanaan program kerja BKSAD. Selanjutnya melakukan koordinasi internal dan ekternal dengan bidang lainnya serta menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas bidang kepada Ketua Umum” ucap Suwarno.

Lebih lanjut ia menyebutkan dalam waktu segera masing-masing bidang dan koordinator wilayah akan melakukan rapat koordinasi di sekretariat Apkasi Jakarta guna menginventarisir berbagai isu strategis di daerah masing-masing berikut solusinya” pungkas Suwarno. (Angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here