Dinas Perkebunan Dan Pertanian Kab.Nabire Serahkan Alat Mesin Bertani Di Distrik Nabire Barat.

0
577

Nabire , Zonadinamika.com . Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Nabire mengerahkan alat mesin untuk bertani di lahan,guna kesejahtraan petani dan ketahanan pangan di distrik Nabire Barat kampung bumi raya SP,1.

Untuk mengurangi beban para petani pemerintah Kabupaten Nabire melalui dinas perkebunan dan pertanian membagi-bagikan beberapa unit alat kerja modren kamis 15/10/15 nabire ini hari.

Sebagai petani supaya meningkatkan produksi padi di Kabupaten Nabire dan meningkatkan ketaanan tanaman pangan dan sawa di Kabupaten Nabire, sebagai mana di progaramkan oleh bapak presiden RI Joko Widodo.

Ini merupakan satu metode partisipasi masyarakat tani,maka mulai sekarang sudah ada mesin untuk bertani tak bisa meluangkan tenaga banyak, tetapi di peringan melalui bantuan alat mesin modern.

Hal tersebut di di sampaikan oleh kepala dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Nabire Yasor Viktor Sawo,Sp.M.si, kepada media onllinne zonadinamika .com,siang tadi di Kampung Bumi Raya sp,1 Kabupaten Nabire.

Kepala dinas Perkebunan dan Pertaniaan Kabupaten Nabire Sawo menilai daerah produksi padi di Kabupate Nabire ada lima distrik antara kelima distrik yang terbesar adalah distrik Nabire Barat dengan luas lahan sawanya 2014 hektar dan ada 3 kali musim menanam dalam setahun dengan pembuatan tanaman sekitar 1897 hektar kita melakukan menanaman secara serentak di seluruh daera produksi padi di Kabupaten Nabire kita bisa menghasilkan panen tanaman 4 ribu tong beras.

Terus Viktor kebutuhan yang ada di Kabupaten Nabire dengan jumlah produk 137rian 43% kebutuhan beras Kabupaten Nabire jadi, kita harus dan harus menanam terus waupun kemarau tingkat nasional setahun ini menghalangi kita bertani tetapi masyarakat tetap saja olah sawanya dirinya merasa bangga.

Kini kita bisa menggunakan dengan alat kerja modren untuk mengingat kehematan tenaga petani pemerintah mendatangkan alat kerja modren dengan tujuan di prioritaskan para petani kita perlu lihat potensi yang ada di kabupaten nabire walau pun hari kita melakukan dengan 2000an hektar.

Kepala dinas Perkebunan dan Pertanian berharap supaya semua perangkap kerja yang di sediakan dari pemerintah melalui bantuan dan peratihan yang di berikan dari pemerintah ini semuanya menjadi motipasi buat petani untuk meningkatkan areal lahan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat berpasilitasi kita dengan alat kerja sawa katanya Viktor.

Lebih mendalam dinas pertanian dan TNI/AD sudah menjalin kerja sama untuk membantu para petani warga pun merasa bersyukur karena pemerinta daerah tetap memberi sprot para petani dengan alat kerja modren bantuan berupa bangunan dan berupa mesing-mesing kerja yang di alokasikan para petani sawa.

Sawo berharap bawah warga petani sunggu-sunggu melaksanakan produksi padi dengan sebaik-baiknya karena kabupaten nabire memang kabupaten produktif sehingga bisa membantu masyarakat di seluru kota nabire harapnya.

(pilemon waine)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY