Antisipasi ASN Terlibat Pilkada, Panwascam Panai Hulu Surati Instansi Pemerintah.

0
345

Labuhanbatu.Zonadinamika.com. Aparatur Sipil Negara (ASN) menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, ASN sangat rentan dengan pengaruh ketidak netralan pada pesta demokrasi. Ditambah lagi bila mantan atau kepala daerah bersangkutan mengambil bagian pada Pilkada.

Kekhawatiran ASN tidak netral pada pesta demokrasi masyarakat daerah sangat beralasan, salah satunya Pilkada tidak akan fair, ada Paslon yang diuntungkan dengan memobilasasi kekuatan ASN dan menggunakan aset pemerintah saat Kampanya. Sebaliknya Paslon lain akan merasa dirugikan. Pesta Demokrasi akan tercederai.

Melihat gelagat itu, selain keberadaan ASN saat Pilkada sudah diatur dalam Undang-undang, terlihat Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi membuat Surat edaran bernomor B/2355/M. PANRB/07/2015 tentang Netralitas ASN dan Larangan Penggunaan Aset Pemerintah Dalam Pilkada Serentak kepada jajaran lembaga Pemerintah.

Berkaitan dengan itupula, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pilkada kecamatan Panai Hulu Labuhanbatu dalam melaksanakan tugas pengawasan pelaksanaan Pilkada diwilayah kerjanya menyurati instansi pemerintah yang ada di kecamatan tersebut.

Menurut Ridawan Nasution S.Pd ketua Panwascam kematan Panai Hulu kepada wartawan belum lama ini, surat bernomor 000/077/Panwascam/05/IX/3015 yang dilayangkan pihak pengawas itu merupakan salah satu cara mengantisipasi keterlibatan ASN yang ada di kecamatan Panai Hulu.

“Tidak bisa dipungkiri indikasi Keterlibatan ASN terlibat langsung dukung mendukung salah satu Paslon ada, apalagi Pilkada Labuhanbatu diketahui dikuti 2 inkamben, tidak menutupi kemungkinan untuk hal itu.kan lebih baik mencegah sebelum terjadi”Sebutnya.

Diketahui saat ini tahapan pelaksanaan Pilkada Labuhanbatu memasuki tahapan Kampanye yang bersifat sosialisasi kepada masyarakat. Informasi diperoleh di daerah Pantai, masyarakat kerap melihat ASN ikut mendampingi salah satu Paslon diketahui merupakan Petahana. (Fad)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here