Warga Kecewa. 3 Tahun Poskeswan Teluk Sentosa Tak Difungsikan

0
616

Labuhanbatu-zonadinamika.com. Sudah 3 tahun lebih bangunan yang direncanakan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk menunjang bidang peternakan di kecamatan panai Hulu berupa Pos kesehatan Hewan. Namun, terlihat sampai saat ini pemungsiaan gedung yang dibangun lengkap dengan pagarnya tersebut belum ada tanda-tanda difungsikan.

Sehingga Warga yang seharusnya terbantu dengan adanya penunjang usaha peternakan itu, akhirnya merasa kecewa. Pasalnya, selain dana pembangunan gedung menggunakan dana pemerintah diniai sia-sia,warga juga merasa kecewa dikarenakan mereka sempat menambah hewan ternak berupa lembu untuk dikembangkan.

“dengan adanya Puskeswan, harapan warga setidaknya warga mendapatkan bimbingan bagaimana merawat hewan ternak sesuai aturan beternak,serta kami juga bisa berkonsultasi bagaimana mengembangkan budidaya ternak sesuai standart kesehatan hewan. Harapan itu ternyata tidak terujud,sudah 3 tahun gedung itu berdiri sampai saat ini belum ada tanda-tanda untuk difungsikan.” sebut Sugianto Tarigan yang mengaku sebagai ahli waris pemilik tanah lokasi yang dipinjam pakaikan untuk pembangunan Puskeswan tersebut kepada wartawan Rabu (16/9).

Menurutnya, bangunan Pos Kesehatan hewan itu dibangun diatas tanah seluas 3 rante persegi milik orangtuanya dengan ijin pinjam pakai kepada Pemkab labuhanbatu. Sementara,nilai bangunan Poskeswan menurut papan proyek yang dilihat bernilai Rp. 500 juta lebih.

Dikatakan Sugianto, keberadaan Poskeswan di daerah itu dinilainya sudah layak untuk difungsikan. sebab peternak hewan lembu sudah ada disetiap desa di kecamatan Panai Hulu dan jumlah hewan ternak lembu diperhitungkannya lebih dari ribuan ekor ada dikecamtan tersebut.

“desa yang paling banyak ternak lembunya di desa perkebunan Ajamu, sudah layaklah Pemkab memberdayakan Poskeswan itu, kesehatahan hewan sebelum dipasarkan kan menjadi penambah nilai jual. Selain itu, ini mau Idul Adha hewan yang dipotong srta dikonsumsi masyarakat bisa dijamin kelayakkannya jika ada Poskeswan.”ucapnya.

Informasi lain diperoleh, selain peternak perseorangan, kelompok tani yang ada dikecamatan itu juga membudidayakan ternak lembu yang berasal dari bantuan Pemerintah Pusat dan daerah. (od.26)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY