Penderita ISPA di Bengkulu Meningkat

0
335

BENGKULU,Zonadinamika.com- Sekitar 500 warga Bengkulu, saat ini terserang infeksi saluran napas bagian atas (ISPA). Jumlah ini naik jika dibandingkan tahun lalu, sekitar 200 orang.

“Laporan yang kami terima dari sejumlah puskesmas, saat ini sudah ada 500 warga Bengkulu terserang ISPA, akibat dampak kabut asap di daerah ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu, Amin Kurnia, di Bengkulu, Rabu (9/9).

Diperkirakan, jumlah penderita ISPA di Bengkulu akan terus meningkat, karena kabut asap masih melanda daerah ini. Kabut asap yang menyebar di Bengkulu merupakan kiriman dari Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Dampak dari kabut asap tersebut, setiap hari, puskesmas di Kota Bengkulu sedikitnya menerima 10 pasien ISPA datang untuk berobat. Penderitanya beragam, mulai dari anak-anak, orang dewasa dan lanjut usia (lansia).

“Kami khawatir, jika kemarau terus berlanjut dan kabut asap terus menebal, maka penderita ISPA di Bengkulu bisa mencapai ribuan orang,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi peningkatan penderita ISPAdi Bengkulu, Dinkes setempat telah menyiapkan 2.000 masker. Masker ini akan dibagikan secara gratis ke masyarakat, terutama para pengendara sepeda motor.

“Kami sudah menyiapkan 2.000 masker untuk dibagikan ke masyarakat secara gratis, dalam rangka mengantisipasi meningkatnya kasus ISPA di Bengkulu pada musim kemarau,” ujarnya.

Selain membagikan masker, Dinkes Bengkulu juga mengimbau puskesmas agar melayani dengan baik setiap pesien ISPA yang datang, sehingga penyakit yang mereka derita dapat disembuhkan dengan cepat.

“Kami sudah menginstruksi petugas puskemas untuk cepat melayani penderita ISPA yang datang, sehingga penyakit yang mereka derita dapat segera disembuhkan,” ujarnya.

sumber:SP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here