Eks Ketua Koperasi Karyawan Pertamina UPMS-1 Medan Kembali Jadi Tersangka Kredit Fiktif di BSM

MEDAN,Zonadinamika.Online
Mantan Ketua Koperasi Karyawan Pertamina UPMS-1 Medan, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi kredit fiktif di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Medan dengan kerugian negara sebesar Rp 11,9 miliar dalam total pencairan dana sebesar Rp 27 miliar pada tahun 2011.

Khaidir Aswan, mantan Ketua Koperasi Karyawan Pertamina UPMS-1 Medan, kembali ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi kredit fiktif di Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Medan dengan kerugian negara sebesar Rp 11,9 miliar dalam total pencairan dana sebesar Rp 27 miliar pada tahun 2011.

Itu sesuai dengan temuan dan pengembangan yang dilakukan oleh Tim Penyidik Satsus P2TPK Kejati Sumut dalam BRI Argo bahwa pihak Kopkar Pertamina mengajukan kredit dengan kerjasama Rp 27 miliar.

“Temuan dan pengembangan kami dalam BRI Argo bahwa pihak Kopkar Pertamina mengajukan kredit dengan kerjasama Rp 27 miliar,” ungkap ketua tim Penyidik Satsus P2TPK Kejati Sumut, Dharmabella Timbasz, Jumat (3/4/2015) kemarin.

Timbasz menjelaskan bahwa Kopkar PT.Pertamina mengajukan modus sama dengan pengajukan kredit fiktif di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Agro Jalan, S Parman Medan, dengan kerugian mencapai Rp 25 miliar.

“Pengajuan karyawan yang mengajukan kredit sebanyak 441 orang. Seolah-olah mengajukan. Tapi, pihak Pertamina tidak ada mengajukan kredit itu,” paparnya.

Tambahnya, pihak Penyidik Kejati Sumut juga sudah memeriksa sejumlah pejabat dan karyawan BSM Cabang Medan untuk dimintai keterangan sebagai saksi dalam kasus t.ersebut.

Berita sebelumnya, mantan Ketua Koperasi Karyawan Pertamina UPMS-1 Medan, Khaidar Aswan, resmi ditahan oleh Kejati Sumut atas kasus dugaan korupsi kredit fiktif koperasi karyawan (Kopkar) PT Pertamina di Bank Rakyat Indonesia (BRI) Agro Jalan, S Parman Medan, dengan kerugian mencapai Rp25 miliar.

Selain, Senior Supervisor Aset Pertamina Sumbagut itu, penyidik Pidsus Kejati Sumut juga melakukan penahanan terhadap Kepala Cabang Pembantu (KCP) BRI Agro S Parman, Sri Muliani dan Account Officer (AO) BRI agro S Parman Bambang Wirawan.(Rp82)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan