Penyerapan Dana Desa Rawa Panjang Terindikasi Korupsi

0
144
Jalan lingkungan desa yang pembangunanya menggunakan dana desa 2016

BOGOR-Zonadinamika.com. Penyerapan Dana Desa di pemerintahan Desa Rawa Panjang terindikasi kuat adanya dugaan penyalangunan oleh aparat pemerintah Desa setempat, diduga ingin mendapat keuntungan pribadi pada program tersebut.

Kuatnya oknum Pemerintah Desa Rawa Panjang Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor Memanipulasi Pengajuan Anggaran Dana Desa Tahun 2016 Perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia sudah bisa dirasakan oleh hampir sebagian besar lapisan masyarakat terutama masyarakat di wilayah pedesaan.

Dana Desa yang diatur dalam undang – undang nomor 6 tahun 2014, peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2016 tentang perubahan ke-dua atas Peraturan Pemeri tah no 60 tahun 2014 tentang Dana Desa yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Negara ( APBN ).

Pemerintah Desa sudah dapat melaksanakan program – program pembangunan desanya terutama berkaitan dengan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa.

Sebagai contoh program yang diprioritaskan adalah pembangunan dibidang infrastruktur jalan lingkungan atau jalan desa, Program ini lebih diprioritaskan, mengingat program pembangunan infrastruktur jalan desa atau jalan lingkungan berkaitan langsung dengan usaha masyarakat desa untuk meningkatkan perekonomiannya.

Dengan dibangun sarana dan prasarana jalan lingkungan, maka masyarakat desa akan lebih mudah melakukan kegiatan ekonominya. Meski demikian tidak semua program Dana Desa ini dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Desa sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Desa Rawa Panjang Kecamatan Bojonggede Kabupaten Bogor contohnya. Desa yang mempunyai luas sekitar 315 hektar ini terletak bersebelahan dengan Kota Depok,Jawa Barat ini telah merasakan manisnya program Dana Desa .

Pembangunan infrastruktur jalan desa sudah dinikmati oleh sebagian masyarakat desa tersebut. Akan tetapi dalam realisasi pembangu nan infrastruktur Pemerintah Desa Rawa Panjang diduga telah memanipulasi Pengajuan Anggaran Dana Desa yang telah disetujui oleh pemerintah pusat.

Sebagai contoh Rencana Anggaran pelebaran dan perbaikan jembatan di wilayah RT 02 RW 19 yang diajukan kepada pemeri tah pusat volumenya 4x4x2=32 m3 ( sesuai dengan data Rekapitulasi Serapan Dana Desa tahun 2016 dari Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Bogor ).

Dugaan telah dimanipulasi volume realisasi fisik di lapangan menjadi 8×2,20×2=8,8 m3 berupa perluasan sebelah kanan jembatan 8×1,10×0,5=4,4 m3 dan perluasan sebelah kiri jembatan 8×1,10×0,5=4,4 m3.

Agaknya aroma dugaan menipulasi tersebut terjawab oleh, seperti halnya diungkapkan oleh Amin Husein selaku/Kepala Seksi Bidang Pembangunan Desa Rawa Panjang Kecatan Bononggede Kabupaten Bogor selesai melakukan perifikasi lapangan dengan salah seorang wartawan Zonadinamika “Memang ada beberapa titik yang realisasi pembangunan fisik tidak sesuai dengan pengajuan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD ) seperti pembanguna jembatan yang terletak di wilayah RT 01 RW 19 ini misalnya.

Dalam pengajuan RPJMD ( Anggaran Dana Desa, red ) hitungan volumenya 8 x 2,20 x0,5= 8,8 m3, hal ini disebabkan oleh keinginan masyarakat sekitar karena jembatan tersebut merupakan akses jalan warga sekitar ke musolah.

Dan karena pada saat penyusunan pengajuan anggaran tersebut , masyarakat tidak dilibatkan.” Paparnta, Lebih jauh Amin Husein mengatakan yang juga menjabat sebagai RW di salah satu wilayah Desa Rawa Panjang mengatakan.

” Ada beberapa jalan yang pembangunannya juga tidak sesuai dengan RPJMD seperti jalan di wilayah RW 01. Dalam pengajuannya volume jalan 75 x 3 x 0,7=157,5 m3 dan realisasi pembangunan fisik di lapangan volumenya 120 x 1,5 x 0,7 = 126 m3”.

Ditambahkan Amin,  untuk peralihan atau perubahan realisasi fisik program Dana Desa tersebut sudah mendapat persetujuan dari Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemeri tah Daerah Kabupaten Bogor.

Terjadinya Peralihan atau perubahan realisasi pembangunan di beberapa titik di Desa Rawa Panjang juga disampaikan oleh Rois, ketua LPM Desa Rawa Panjang kepada wartawan Zonadinamika. (lissa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here