Proyek Dinas Perhuhungan Darat Provsu Tak Beres. Warga Demo Pembangunan Dermaga Sungai Sei. Jawi-jawi.

0
365

Labuhanbatu-Zonadinamika.com. Proyek pembangunan dermaga sungai Sei. Jawi-jawi Kecamatan Panai Hulu Labuhanbatu menggunakan anggaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan penggunaan anggaran dinas Perhubungan Darat Provsu menuai protes dari masyarakat sekitar dermaga.

Soalnya, warga melihat pembangunan yang menghabiskan dana Rp. 5 Milyaran yang dikerjakan PT. Hari Jadi Sukses Itu asal jadi, serta bila selesai pembangunannya di perkirakan warga dermaga sebagai sarana transportasi yang digunakan warga sehari-hari tidak bisa digunakan secara maksimal oleh warga.

Protes warga yang dilakukan dengan demonstrasi itu membentang spanduk dilokasi proyek pembangunan meminta kontraktor dan pihak terkait membongkar dan menambah volume bangunan. Selain itu, puluhan demonstran juga meminta kepada instansi terkait mengusut dugaan mark up pada proyek milyaran rupiah itu.

Disela-sela demontrasi pada Kamis (8/10) Amin salah seorang warga yang ikut memprotes proyek dermaga tersebut mengatakan beberapa titik tembok lantai dermaga kondisinya sudah patah mengakibatkan bangunan miring, sera kekuatan lantai bangunan dikhawatirkan tidak bertahan lama dikeranakan bagian bawah material pencorannya diduga tidak sesuai ketentuan.

Ditempat yang sama, Edi Maksum tokoh pemuda Panai Hulu yang juga ikut memprotes proyek dermaga Sungai itu menyebutkan bahwa ketinggian lantai dermaga terlalu rendah sehingga saat air pasang naik lantai tenggelam oleh air pasang.

“Bisa dilihat dari lantai dermaga yang lama, lebih tinggi dari yang baru, yang lama saja bila air pasang datang tenggelam apa lagi yang baru ini air setenga meter di lantai dan masuk kedalam bangunan.”Sebutnya sambil menunjuk bekas air di dinding bangunan.

Edi juga mengatakan, demonstrasi yang dilakukan warga sebagai bentuk protes yang harus di realisasikan instansi terkait supaya pembangunan dermaga sungai yang dibangun menggunakan uang negara tersebut bisa dimanfaatkan warga sebagai sarana transportasi air yang menghuhungkan desa di wilayah kecamatan Panaj Hulu

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah telah dibangun dermaga di desa kami, tapi kami juga sangat mengharpkan pembangunan yang dikerjakan kontraktor tidak asal jadi.” Ujarnya.

Saat demonstrasi warga berlangsung tidak ada pihak terkait yang terlihat, baik itu dari kontraktor maupun dari pengawas instansi terkait.

(AFH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here